PENGARUH AKTIVITAS PERSONAL SELLING TERHADAP NIAT MEMBELI PRODUK PADA PT LUXINDO RAYA CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh
aktivitas personal selling terhadap niat membeli produk pada PT Luxindo Raya
Cabang Jember. Penelitian ini bertempat di Kabupaten Jember. Penelitian ini
menggunakan metode survai. Dengan metode tersebut, data dikumpulkan
berdasarkan jawaban responden yang berasal dari daftar pertanyaan (kuesioner) yang
diajukan. Sedangkan metode pengambilan sampel adalah dengan metode Purposive
Sampling yang mana ditentukan terlebih dahulu beberapa kriteria untuk menjaring
responden yang benar-benar memenuhi syarat.
Analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam skripsi ini
adalah analisis regresi linier berganda, yang mana dari hasil analisis menunjukan
bahwa secara simultan variabel pendekatan, presentasi, menangani keberatan,
menutup penjualan serta pelayanan berpengaruh terhadap niat membeli produk pada
PT Luxindo Raya Cabang Jember. Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa
variabel aktivitas personal selling memiliki pengaruh signifikan terhadap niat
membeli yang diperkuat dengan hasil analisis koefisien determinasi berganda dimana
sebesar 86,8% niat membeli ditimbulkan oleh aktivitas personal selling. Sedangkan
berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel menangani keberatan merupakan
variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap niat membeli terhadap produk
PT Luxindo Raya Cabang Jember.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah secara simultan atau
bersama-sama, variabel aktivitas personal selling berpengaruh signifikan terhadap
niat membeli pada PT Luxindo Raya Cabang Jember. Variabel menangani keberatan
merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap niat membeli produk pada PT
Luxindo Raya Cabang Jember.