Show simple item record

dc.contributor.authorIstianing ayu Febrianti
dc.date.accessioned2014-01-27T04:11:34Z
dc.date.available2014-01-27T04:11:34Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050210301111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25115
dc.description.abstractSikap merupakan hasil belajar manusia, sehingga sikap dapat ditumbuhkan dan dikembangkan melalui proses belajar. Menumbuhkan sikap kewirausahaan dapat dilakukan melalui pendidikan formal, non formal dan informal. Kegiatan pembinaan sikap secara formal yang dilaksanakan melalui mata kuliah kewirausahaan. Kegiatan pembelajaran mata kuliah kewirausahaan memberikan bekal konsep teori serta keterampilan tentang kewirausahaan. Mata kuliah kewirausahaan adalah salah satu dari sejumlah mata kuliah yang terdapat dalam MKU, diberikannya mata kuliah tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap wirausaha yang dicirikan sebagai manusia yang berkemauan keras, berkeyakinan kuat atas kemampuan pribadi, keberanian mengambil resiko, kejujuran dan tanggung jawab, ketahanan fisik dan mental, ketekunan dan keuletan dalam berusaha, pemikiran yang kreatif dan inovatif, dan berorientasi masa depan. Keberhasilan program pendidikan MKU khususnya mata kuliah kewirausahaan adalah ditandai adanya perubahan perilaku mahasiswa balk dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya sesuai dengan tujuan kurikuler. Salah satu cara melihat keberhasilan seorang peserta didik dalam proses belajar mengajar dan sejauh mana peserta didik belajar adalah dengan melihat prestasi belajarnya. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi angket dan dokumentasi. Jumlah responden yang diambil secara populasi yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 132 mahasiswa, sedangkan analisis data menggunakan tekhnik analisis regresi linier sederhana dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa variabel prestasi belajar kewirausahaan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2005/2006 dan 2006/2007. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji F, dimana F hitung (196,761) > F (3,96) dengan tingkat α = 0,05 > Sig F = 0,000. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,776 yang berarti bahwa prestasi belajar kewirausahaan memiliki hubungan yang kuat dengan sikap kewirausahaan mahasiswa sebesar 77,6%. tabel Hasil analisis koefisien determinasi yang digunakan untuk mengetahui besarnya pengaruh prestasi belajar kewirausahaan terhadap sikap kewirausahaan mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2005/2006 dan 2006/2007 mempunyai pengaruh sesbesar 60,2%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210301111;
dc.subjectkewirausahaanen_US
dc.titlePENGARUH PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Jember Tahun Angkatan 2005/2006 dan 2006/2007)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record