• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN AKTIVITAS EKONOMI YANG BERKAITAN DENGAN SUMBER DAYA ALAM DAN POTENSI LAIN DI DAERAH MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN PALERAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    AB (247)a_1.pdf (406.2Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    EKA FITRIYANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam proses peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Pendidikan pada dasarnya adalah suatu upaya untuk mempersiapkan peserta didik agar dikemudian hari dapat mandiri dan tanggap akan lingkungannya untuk menghadapi tantangan hidup. Kualitas pembelajaran harus ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas hasil pendidikan, sehingga harus menggunakan media pembelajaran yang efektif di kelas. Salah satu media pembelajaran yang efektif di kelas dan lebih memberdayakan potensi siswa adalah dengan menggunakan media gambar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media gambar pokok bahasan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pokok bahasan aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah pada siswa kelas IV SDN Paleran 05 Jember Tahun Pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dilaksanakan di SD Negeri Paleran 05 mulai tanggal 3 Januari sampai 29 April 2011. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model skema dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada siklus I dengan kriteria tidak aktif dan siklus II dengan kriteria aktif. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 51,5% dan pada siklus II sebesar 71,3%, (2) Pembelajaran IPS menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I secara klasikal sebesar 60% dan siklus II secara klasikal sebesar 80% atau dapat dikatakan tuntas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25062
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository