Show simple item record

dc.contributor.authorEka Fitri Damayanti
dc.date.accessioned2014-01-27T03:27:39Z
dc.date.available2014-01-27T03:27:39Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM050210101266
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/25053
dc.description.abstractndonesia terus berusaha agar menjadi negara yang lebih maju, maka dari itu negara ini terus berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan matematika merupakan salah satu subyek yang penting didalamnya. Karena matematika oleh sebagian masyarakat masih dianggap sulit maka pola pikir sulit harus diganti matematika itu menyenangkan dan sangat berguna. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII SMP Al-Furqan 1 diketahui bahwa siswa cukup kesulitan dalam membayangkan antara kubus dan balok, begitu juga dalam menggunakan rumus luas dan volumenya, serta siswa cenderung hanya diberikan rumus namun tidak disertai penemuannya sehingga siswa cepat lupa dan kesulitan menerapkan rumus dalam permasalahan. Diketahui juga bahwa aktivitas siswa sebesar 65% dan ketuntasan hasil belajar yang dicapai sebesar 60% . Oleh karena itu, digunakan Pembelajaran Kontekstual berbasis Pemecahan Masalah model Polya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah model Polya, mengetahui aktivitas siswa, dan menegetahui hasil belajar siswa. Pembelajaran kontekstual merupakan strategi belajar menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian sebenarnya. Sedangkan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang diberikan yaitu dengan menerapkan pemecahan masalah model Polya yang terdiri dari memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa hasil yang diperoleh. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini digunakan untuk menjelaskan tentang penerapan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dan menjelaskan tentang aktivitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu penelitian tindakan yang dilakukan guru (peneliti) dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara partisipatif untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Setelah pelaksanaan siklus I dan dilakukan refleksi dari hasil yang diperoleh maka dilakukan perbaikan untuk siklus II. Tahapan pembelajaran pada kedua siklus sama. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil data pada siklus I dan II. Penganmbilan data dilaksanakan pada tanggal 18 April sampai 5 Mei 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA SMP Al-Furqan 1 Jember. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa pembelajaran kontekstual berbasis pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas siswa sebelum menerapkan pembelajaran kontekstual sebesar 65%, setelah pembelajaran kontekstual siklus I sebesar 74,98%, dan setelah siklus II sebesar 83,32%. Jadi terdapat peningkatan sebesar 9,98% dari sebelum penerapan pembelajaran kontekstual ke pembelajaran kontekstual siklus I dan 8,34% dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum menerapkan pembelajaran sebesar 60%, setelah pembelajaran siklus I sebesar 62,3%, dan setelah pembelajaran siklus II sebesar 81,25%. Terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar dari sebelum menerapkan pembelajaran kontekstual ke siklus I sebesar 2,3%. Setelah melakukan refleksi dari siklus I dan dilakukan perbaikan perencanaan untuk siklus II terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 18,75% dari siklus I ke siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101266;
dc.subjectKontekstual Berbasis Pemecahan Masalah Model Polyaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP AL-FURQAN 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record