ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BENGKEL INJECTION PUMP DAN NOZZLE CIPTA JASA JEMBER
Abstract
enelitian yang berjudul “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Injection Pump dan Nozzle Cipta Jasa Jember” ini
memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen
pada Bengkel Injection Pump dan Nozzle Cipta Jasa Jember. Penelitian ini dilakukan pada
konsumen Bengkel Injection Pump dan Nozzle Cipta Jasa Jember.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian survei dengan pengambilan sampel
menggunakan metode purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen
Bengkel Injection Pump dan Nozzle Cipta Jasa Jember sebanyak 60 responden. Dari hasil
penyebaran kuesioner tersebut maka dapat diperoleh data mentah yang kemudian diuji
Validasi dan Reliabilitas untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dari instrumen yang
digunakan. Setelah data valid dan reliabel, dilakukan analisis Regresi Berganda dan uji
asumsi klasik. Hasil Regresi Berganda yang telah lolos uji asumsi klasik diuji dengan
menggunakan uji F(F test) daan Koefisien Determinasi Berganda(R
xv
2
) dilanjutkan dengan uji
t(t Test) dan Koefisien Determinasi Parsial(r
).
Melalui pengolahan data menggunakan program analisis komputer, persamaan regresi
berganda yang didapat menunjukkan adanya pengaruh yang positif antara Variabel
Bebas(kehandalan(X
1
), tanggapan(X
2
parsial
), jaminan(X
3
), empati(X
4
) dan bukti fisik(X
)) dan
Variabel Terikat(Kepuasan Konsumen(Y)). Secara simultan, Variabel Bebas mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap Variabel Terikat. Hal ini ditandai dengan hasil F
sebesar 20,227 dengan nilai R
2
sebesar 0,620. Dari hasil uji t dan koefisien determinasi
parsial dapat diketahui bahwa variabel kehandalan(X
) mempunyai pengaruh dominan
terhadap variabel Kepuasan Konsumen(Y) dengan hasil thitung sebesar 3,016 dan r
1
sebesar 0,380, sehingga hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa ke lima variabel bebas
mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan
konsumen Bengkel Injection Pump dan Nozzle Cipta Jasa Jember. Sedangkan hipotesis yang
ke dua yang menyatakan diduga variabel Kehandalan mempunyai pengaruh dominan
terhadap kepuasan konsumen Bengkel Injection Pump dan Nozzle Cipta Jasa Jember terbukti
kebenarannya.