EVALUASI STRATEGI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP ASKESKIN DI PUSKESMAS KABUPATEN SITUBONDO
Abstract
uskesmas Besuki, Panarukan dan Asembagus adalah Puskesmas
perawatan yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesehatan Kabupaten
Situbondo. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi kualitas
pelayanan kesehatan rawat inap di Puskesmas dengan menggunakan perspektif
masyarakat miskin. Penggunaan perspektif masyarakat miskin disini yaitu dengan
melakukan analisis harapan dan penilaian kualitas pelayanan kesehatan rawat inap
di Puskesmas Kabupaten Situbondo.
Rancang bangun penelitian ini bersifat obsevasional analitik, pengambilan
data dilakukan dengan teknik survey dengan instrumen kuesioner. Teknik
pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan total
responden sebanyak 90 pasien yang terdiri dari pasien pasca rawat dan pasien
yang sedang rawat inap pada bulan Februari sampai dengan bulan April tahun
2008. Dari hasil analisis pada jendela pelanggan terhadap variabel-variabel
kualitas pelayanan dengan faktor harapan dan faktor penilaian kualitas pelayanan,
diperoleh hasil yang bervariasi dan tersebar kedalam 4 (empat) kuadran yang ada
pada jendela pelanggan tersebut. Adapun variabel yang berada pada kuadran satu
adalah: 1). variabel kehandalan (dimensi reliability), dan 2). variabel daya tanggap
(dimensi responsiveness). Sedangkan pada kuadran dua hanya variabel jaminan
(dimensi assurance). Sementara itu yang terdapat pada kuadran tiga adalah
variabel perhatian (dimensi emphaty). Dan yang terdapat pada kuadran empat
adalah variabel kinerja sumberdaya fisik (dimensi tangible).
Dengan demikian rumusan strategi yang direkomendasikan yaitu:
meningkatkan variabel kehandalan dan daya tanggap; mengkomunikasikan
variabel kinerja sumberdaya fisik; mempertimbangkan peningkatan variabel
perhatian dan mempertahankan kinerja dari variabel jaminan.