ANALISIS RANTAI NILAI SEBAGAI ALAT UNTUK MENDUKUNG STRATEGI KEPEMIMPINAN BIAYA (Studi Kasus Pada Perusahaan Kontraktor CV. Tunas Inti Surabaya)
Abstract
Sebuah perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat untuk mampu bertahan
dalam persaingan bisnis. Strategi yang tepat nantinya akan memberikan sebuah
keunggulan kompetitif (diferensiasi atau kepemimpinan biaya) bagi perusahaan.
Analisis rantai nilai merupakan sebuah alat analisis yang dapat digunakan perusahaan
untuk membantu memilih strategi melalui analisa terhadap aktivitas-aktivitas
perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan analisa terhadap perusahaan
yang telah menerapkan strategi kepemimpinan biaya melalui analisis rantai nilai.
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan kontraktor di Surabaya yaitu CV. Tunas
Inti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas pada CV. Tunas Inti terbagi
menjadi dua aktivitas, yaitu aktivitas primer terdiri dari aktivitas pengadaan proyek,
perencanaa, pelaksanaan dan pengawasan, penyerahan hasil proyek dan pemeliharaan
hasil proyek dan aktivitas sekunder tediri dari aktivitas pengembangan sumber daya
manusia dan infrastruktur perusahaan.