PENGARUH PERSEPSI TENTANG KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA PADA IKIP PGRI JEMBER
Abstract
Kualitas Jasa pendidikan yang terdiri dari 5 (lima) dimensi yaitu Tangibles, Reliability,
Responsiveness, Assurance dan Empathy yang diterima dan dirasakan oleh mahasiswa IKIP
PGRI Jember dan persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan masih belum diketahui
sehingga masih belum diketahui pula bagaimana persepsi mahasiswa dapat mempengaruhi
kepuasan dan loyalitas mahasiswa di IKIP PGRI Jember. Oleh karena itu Judul tesis ini adalah
“Pengaruh Persepsi Tentang Kualitas Jasa Pendidikan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Loyalitas
Mahasiswa di IKIP PGRI Jember.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa
pendidikan pada dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy serta
pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa di IKIP PGRI Jember, dengan sasaran
penelitian pada mahasiswa yang mengikuti proses pendidikan di IKIP PGRI Jember dan telah
menempuh minimal empat semester.
Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode stratified proposional random
sampling. Jumlah sampel sebanyak 83 orang mahasiswa yang terdistribusi dalam
kelompok/strata berdasarkan angkatan dan program studi mahasiswa yaitu sebanyak 16 orang
Prodi Pendidikan Matematika, 11 orang Prodi Pendidikan Biologi, 4 orang Prodi Pendidikan
PKN, 17 orang Prodi Pendidikan Ekonomi, 3 orang Prodi Pendidkan Bimbingan Konseling, 4
orang Prodi Pendidikan Luasr Biasa, dan 25 orang Prodi PGTK.
Untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan pada masingmasing
dimensi digunakan metode analisis diskriptif kualitatif dengan scoring nilai modus.
Sedangkan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa
digunakan metode kuantitatif dengan memakai model statistik analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pendidikan pada
dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy sudah cukup bagus
dengan rata-rata skor 3,51. Dengan komposisi untuk masing-masing dimensi Tangibles dengan
skor 3,66, Reliability dengan skor 3,17, Responsiveness dengan skor 3,58, Assurance dengan
skor 3,58, dan Empathy dengan skor 3,55. Hal ini menunjukan bahwa persepsi mahasiswa
tentang kualitas jasa yang dirasakan sudah cukup tinggi.
Dan hasil pengujian dengan menggunakan analisis jalur (path anayisis) diketahui bahwa
persepsi mahasiswa tentang kualitas jasa pada dimensi tangibles dan responsiveness mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sedangkan persepsi mahasiswa tentang
kualitas jasa pendidikan pada dimensi tangible dan empathy mempunyai pengaruh yang sangat
signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Sedangkan kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh
yang sangat signifikan terhadap loyalitas mahasiswa di IKIP PGRI Jember.
Collections
- MT-Management [539]