I Praktik Perajin Tobos (Studi Tentang Praktik Perajin Tobos di Desa Jambe Wangi, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi Melalui Perspektif Pier Re Bour Dieu) the Crafts Man of Tobos’ Spractice
Abstract
RIN
GK
ASAN
P
r
ak
tik
P
e
r
a
jin
T
ob
os
(Stud
i
T
e
n
tang
P
r
ak
tik
P
e
r
aj
in
T
ob
os
d
i
D
e
sa
Jam
b
e
w
an
gi,
K
e
c
a
m
at
an
S
e
m
p
u
,
K
ab
u
p
at
e
n
B
an
yu
w
a
n
gi
M
e
lal
u
i
P
e
r
sp
e
k
tif
P
ie
r
r
e
B
ou
r
d
ieu
.
Nila
E
ka
S
a
ri:
080910302025;
2013
;
139
Ha
lama
n;
P
rog
r
a
m
S
t
udi
S
osiol
og
i;
F
a
kult
a
s
I
lm
u S
os
ial Da
n
I
lm
u P
oli
ti
k, Unive
rsitas J
e
mber
.
De
sa
J
a
mbew
a
n
g
i
mer
u
pa
ka
n
d
e
sa
y
a
n
g
b
e
ra
d
a
tepa
t
di
ba
wa
h
Gun
ung
R
a
ung
y
a
n
g
te
rle
tak
di
Ke
c
a
m
a
tan
S
e
mpu.
De
sa
J
a
mbew
a
ng
i
y
a
n
g
be
r
a
d
a
di
da
tar
a
n
ti
ngg
i
membua
t
p
e
rta
n
ian
di
de
sa
J
a
mbew
a
n
g
i
sa
n
ga
t
maju,
t
e
rbu
kti
de
nga
n
ba
n
y
a
kn
y
a
pe
rt
a
nian
y
a
ng
be
rk
e
mban
g
disana
,
na
mun
pe
rke
mban
g
a
n
i
ni
ti
da
k
d
i
im
ba
ng
i
oleh
ke
butuhan
a
ka
n
tena
ga
manusia
d
a
lam
pr
oses
pe
rt
a
nian,
k
a
re
na
t
e
lah
mengg
un
a
ka
n
tena
ga
mesin
y
a
n
g
moder
n
da
n
c
a
n
gg
ih.
S
e
hingga
meskipun
pe
rta
nian
maju,
mer
e
ka
ti
da
k
da
pa
t
be
ke
rja
da
lam
se
ktor
ini
,
na
mun
ka
re
na
de
sa
J
a
mbew
a
n
g
i
be
rba
tas
a
n
lang
sun
g
de
n
g
a
n
hutan,
maka
mas
y
a
r
a
ka
tn
y
a
ba
n
y
a
k
y
a
n
g
be
ke
rja
da
lam
se
ktor ke
hutana
n
a
tau me
manf
a
a
tkan sumb
e
rda
y
a
hutan.
P
e
ra
ji
n
tobos
a
da
lah
sa
lah
sa
tu
k
e
lom
pok
mas
y
a
ra
ka
t
y
a
n
g
mema
nf
a
a
t
ka
n
sumb
e
rda
y
a
hut
a
n
be
rup
a
ba
mbu,
pe
k
e
rja
a
n
a
tau
ke
tra
mpi
lan
membua
t
t
obos
ini
,
di
a
wa
li
oleh Pak Sala
m da
n P
a
k S
ira
t sekit
a
r ta
hun
1970
a
n,
da
lam
pr
os
e
sn
y
a
pe
ke
rj
a
a
n
ini
meng
e
lol
a
b
a
mbu
hingg
a
m
e
njadi
ke
tra
mpi
lan
y
a
n
g
di
a
n
y
a
m
hin
gg
a
m
e
mbentuk
kotak
ra
pi
da
n
da
pa
t
di
guna
ka
n
se
ba
ga
i
a
lat
a
n
g
k
ut
ba
ra
n
g
.
P
e
ke
rja
a
n
se
b
a
ga
i
pe
ra
ji
n
tobos
ini
y
a
n
g
h
a
n
y
a
menga
mbi
l
sumb
e
rda
y
a
hutan
ti
da
k
menja
dikan
pa
ra
p
e
ra
ji
n
tobos
ha
rus
be
rpe
ndidi
ka
n
ti
ng
g
i,
se
hin
gg
a
tak
jar
a
ng
mer
e
ka
ha
n
y
a
lul
usa
n
S
D
sa
ja.
P
e
ke
rja
a
n
y
a
n
g
memil
iki
re
siko
ti
n
gg
i
ini
me
re
ka
lakuka
n
se
c
a
ra
be
rsa
ma
sa
m
a
mema
suki
hutan, pe
k
e
rja
a
n
ini
membua
t
pa
ra
p
e
ra
ji
n
tobos
ha
rus
me
njalin
r
e
lasi
y
a
n
g
kompl
e
ks
de
ng
a
n
be
rba
g
a
i
pihak,
dianta
r
a
n
y
a
De
sa
,
P
e
rhuta
ni
da
n
LMDH
.
Maka
se
suai
de
n
g
a
n
lata
r
b
e
la
ka
ng
te
rse
but
pe
ne
li
ti
mer
umus
ka
n
masa
lah
se
b
a
g
a
i
be
rikut
“
B
a
ga
im
a
na
p
ra
kti
k pe
r
a
ji
n tobos
di desa
J
a
mbew
a
ng
i?
”
Penelitian ini menggunakan teori rumusan generative Pierre Bourdieu yang
ingin menggali tentang habitus, ranah, modal dan praktik yang dilakukan para perajin
tobos di Desa jambewangi. Habitus di artikan sebagai kebiasaan para perajin dalam
kegiatannya sehari-hari, ranah sangat erat hubungannnya dengan posisi para perajin
tobos dalam mencapai ranah kekuatan, dalam mencapainya maka para perajin harus
mencapai posisi-posisi yang diinterkasikan dengan habitus. Dalam hal ini modal
sangat erat kaitannya dengan praktik para perajin tobos dalam melakukan
pekerjaannya dan menjaga relasi para perajin dengan berbagai pihak. Dan disinilah
akan terlihat bagaimana para perajin tobos melakukan praktik. Tinjauan terdahulu
yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah: Tesis Irma F. Manurung,
Tesis Untung Widyanto dan Tesis Meily Badriati.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalisme generatif yang
ditawarkan sebagai kerangka teori dan metode untuk memahami kompleksitas realitas
social pratik perajin tobos. Serta menggunakan paradigm kritis Paradigma ini
mendefinisikan ilmu social sebagai suatu proses yang secara kritis berusaha
mengungkap “the real structures” di balik ilusi, false needs, yang di nampakkan dunia
materi, dengan tujuan membentuk suatu kesadaran social agar memperbaiki dan
merubah kondisi kehidupan manusia khususnya kehidupan para perajin tobos.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desa sebagai ranah perajin
tobos, didalamnya terdapat relasi-relasi yang terjalin sebagai keterkaitan satu sama
lain. Desa dalam sejarahnya berdiri pada tahun 1930 dengan masyarakat yang
pertama kali datang dari Kabupaten Blitar, mereka mengelola hutan sebagai tumpuan
hidup. Kondisi geografis desa Jambewangi yang berada tepat di bawah Gunung
Raung membuat desa Jambewangi memiliki pangkuan hutan yang berbeda dengan
desa yang lain yang tidak memiliki batas wilayah dengan hutan, sehingga desa
jambewangi memiliki karaktersitik yang berbeda dan banyak masyarakatnya yang
bekerja dihutan, perajin tobos salah satunya. Perajin tobos mengelola sumberdaya
hutan berupa bambu, dengan adanya nenek moyang mereka yang bersuku Jawa dari
kabupaten Blitar, maka perajin tobos hanya dilakukan oleh suku Jawa, karena mereka
memiliki ketelitian yang baik dan tekun. Perajin tobos yang menggunakan hutan
sebagai tumpuan hidup, tidak memerlukan pendidikan yang tinggi dalam melakukan
pekerjaannya, sehingga banyak perajin yang hanya lulusan SD, dengan pendidikan
yang rendah membuat mereka berada dalam stratifikasi terendah karena pekerjaan
mereka yang berat dan hasilnya sedikit, secara ekonomi mereka sangat kekurangan.
Dalam melakukan pekerjaannya di dalam hutan, para perajin berelasi dengan
Perhutani sebagai pemangku hutan dan LMDH sebagai lembaga desa yang berperan
aktif dalam membantu masyarakat mengelola hutan.
Disposisi Perajin Tobos, para perajin tobos dibedakan atas dua macam habitus
dengan perbedaan pada klasifikasi sosio kultur sesuai dengan sarana transportasi yang
mereka gunakan dalam memasuki hutan guna mencari bahan baku bambu, yaitu
perajin tradisional yang menggunakan sepeda ontel dan perajin modern yang
menggunakan sepeda motor, perajin ini memiliki kelompok sendiri-sendiri sesuai
kendaraan yang mereka pakai, dalam setiap kelompok terdapat 2-8 orang. Kehidupan
keseharian mereka dalam memasuki hutan hingga sampai dirumah sebagian besar
sama, namun perbedaannya ada pada waktu, modal, pendapatan, serta kendaraan
karena menggunakan sepeda motor, maka banyak keuntungan yang dapat dirasakan
bagi perajin sepeda motor. Para perajin ini ketika sampai dirumah maka dalam
mengelola bambu tersebut atau yang sering disebut iratan, memiliki bentuk-bentuk
kerja yang berbeda-beda, bentuk kerja ini menjadi tipe perajin dalam mengelola
bambu, yaitu perajin pemula atau pencari, perajin sampingan atau penganyam, perajin
ahli atau pencari+penganyam. Dari ketiga tipe tersebut memiliki pekerjaan yang
berbeda-beda yang berhubungan satu sama lain, hubungan ini lebih pada hubungan
simbiosis mutualisme.meskipun perajin dibedakan atas 3 tipe tersebut, tak lantas
membuat mereka terpisah atau terbagi, karena perajin telah membentuk suatu
kelompok yang bernama “Bambu Arum”, kelompok ini dibentuk sebagai wadah
masyarakat perajin tobos dalam menjalin hubungan yang rukun dan saling melindung
i
sa
tu
sa
m
a
lai
n,
ka
re
n
a
pe
k
e
rja
a
n
pe
ra
j
in
tobos
y
a
n
g
se
rin
g
b
e
rs
ingg
un
g
a
n
de
nga
n
be
rb
a
g
a
i
pihak,
maka
pe
rlun
y
a
mer
e
ka
membe
ntuk
wa
da
h
ini
,
a
g
a
r
ter
da
p
a
t
pe
rw
a
kil
a
n
a
tau
struktur
y
a
n
g
ba
ku
da
n
da
p
a
t
menja
di
ka
de
r
se
ba
ga
i
pe
rw
a
kil
a
n
pe
ra
ji
n da
lam mela
kuk
a
n
sega
la
ha
l.
R
e
lasi
socia
l
da
n
pr
a
kti
k
pe
ra
ji
n
tobos
,
da
la
m
ra
na
h
pa
ra
pe
r
a
ji
n
tobos
mela
kuka
n
re
lasi
sos
ial
da
n
pr
a
kti
k
da
lam
mela
kuka
n
pe
ke
rja
a
nn
y
a
.
Da
l
a
m
re
lasin
y
a
pe
ra
ji
n
menja
li
n
re
lasi
t
e
rha
da
p
m
a
ke
la
r
se
b
a
g
a
i
pe
mbeli
a
tau
pe
r
a
ntar
a
p
e
rda
g
a
n
ga
n
tobos
,
mer
e
ka
memil
iki
re
lasi
y
a
n
g
ba
ik
da
la
m
pr
oses
pe
njuala
n
ha
s
il
pr
oduksi
pe
ra
ji
n
tobos
.
R
e
lasin
y
a
de
nga
n
de
s
a
mer
e
k
a
mer
upa
ka
n
wa
r
g
a
d
e
sa
y
a
n
g
memil
iki
ke
wa
ji
ba
n
da
n
h
a
k
ke
pa
da
de
sa
n
y
a
,
b
e
g
it
u
jug
a
de
sa
da
lam
membe
ri
pe
r
li
ndung
a
n
da
n
ke
a
mana
n
b
a
g
i
ke
lan
g
sun
g
a
n
hidup
mas
y
a
ra
ka
tn
y
a
,
da
lam
ha
l
ini
de
sa
membe
ntuk
lemba
g
a
L
M
DH
se
ba
ga
i
w
a
da
h
m
a
s
y
a
ra
ka
t
de
sa
hutan
d
a
lam
menge
lol
a
sumb
e
rda
y
a
hutan,
s
e
hingg
a
mela
lui
L
MD
H
ini
d
e
sa
d
a
pa
t
men
ga
tur
d
a
n
menga
wa
si
mas
y
a
ra
k
a
tn
y
a
,
pa
ra
p
e
r
a
ji
n
tobos
y
a
n
g
ter
ga
bun
g
d
a
lam
ke
lom
pok
“
B
a
m
bu
Ar
um”,
mer
upa
ka
n
a
n
gg
ota
L
M
DH
“
Mi
tra
H
u
tan
L
e
sta
ri”
,
ka
r
e
na
s
e
mua
mas
y
a
ra
ka
t
y
a
n
g
menge
lol
a
hutan
m
e
rupa
ka
n
a
n
gg
ota
L
MDH
,
h
a
n
y
a
sa
ja
ke
a
n
gg
ota
a
n
y
a
dibeda
ka
n
y
a
it
u
a
da
a
n
gg
ota
biasa
da
n
a
n
gg
ota
ist
im
e
wa
.
Da
lam
ke
rja
n
y
a
L
MD
H
be
rmitr
a
de
nga
n
P
e
rhuta
ni
,
ke
r
a
n
P
e
rhuta
nil
a
h
y
a
n
g
m
e
mi
li
ki
ke
we
na
n
g
a
n
d
a
lam
menge
lol
a
hutan
a
taupun
da
lam
me
ng
a
tur
pol
a
ke
rja
y
a
n
g
a
d
a
da
lam
hutan,
se
hin
gg
a
de
sa
y
a
n
g
diwa
kil
i
oleh
L
MDH
be
rmitra
de
n
g
a
n
P
e
rhut
a
ni
da
lam
memba
ntu
mas
y
a
ra
k
a
t
menge
lol
a
sum
be
r da
y
a
hutan.