dc.description.abstract | Mutu pelayanan dalam bidang kesehatan lebih mengarah kepada pelayanan
yang mengacu kepada kemampuan rumah sakit untuk memberikan pelayanan sesuai
dengan standar profesi kesehatan dan dapat diterima oleh pasiennya.
Penelitian dilakukan di RSGM FKG UNEJ dengan mengambil sampel pasien
yang merawatkan giginya di klinik Konservasi, Bedah Mulut, Oral Medicine dan
Periodonsia. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuisioner yang berisi tentang
pertanyaan yang berhubungan dengan kepuasan pasien setelah merawatkan gigi di
RSGM. Variabel lain yang juga diteliti yaitu mengenai pemanfaatan dental chair dan
standar pelayanan yang ada di RSGM, nantinya akan dihubungkan antara kepuasan
pasien dengan standar pelayanan dan pemanfaatan dental chair.
Jenis penelitian ini adalah observasional deskriptif. Penelitian dilakukan pada
bulan Juli 2007 di RSGM FKG UNEJ. Sampel penelitian sebanyak 91 orang yang
diminta untuk mengisi kuisioner yang berisi 27 pertanyaan. Data mengenai jumlah
dental chair dan standar pelayanan diambil dari data rekam medik. Data dianalisa
menggunakan Pearson Correlation.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara
persepsi mutu pelayanan dengan standar pelayanan (jam pelayanan) ditandai dengan
adanya nilai r=0,213 dan p=0,042. Hubungan antara persepsi mutu pelayanan dan
standar pelayanan (sarana) menunjukkan hasil yang tidak signifikan yaitu dengan
nilai r=-0,165 dan nilai p=0,215.
Hubungan yang signifikan antara persepsi mutu pelayanan dengan
pemanfaatan peralatan yang ditandai dengan nilai r=0,313 dan p=0,003. Hal ini berarti bahwa bila peralatan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya maka kepuasan dari
pasien juga akan meningkat. | en_US |