• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN MIE SOHUN DENGAN PENDEKATAN BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PT. BINTANG MULYA AJUNG JEMBER.

    Thumbnail
    View/Open
    gdl0 (157)_1.pdf (54.49Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    ADI RIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif dari produk perusahaan, mengelompokkan dan memetakan beberapa produk dalam Matrik Boston Consulting Group (BCG).. Jenis penelitian yang digunakan disini adalah penelitian empiris runtut waktu/historis yang merupakan penelitian yang didasarkan pada fakta serta data yang didapat dari perusahaan. Jenis data yang digunakan didalam penelitian ini, yaitu data sekunder yang yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya tetapi melalui sumber lain yang mempunyai kaitan langsung dengan masalah yang diteliti atau dengan kata lain data yang diperoleh dari pihak kedua. Analisis data yang digunakan yaitu analisis trend kuadratik, market share, dan matrik BCG. Hasil penelitian ini adalah tingkat pertumbuhan pasar pada tahun 2007 untuk produk mie sohun Bintang Piring mengalami penurunan sebesar 46%, mie sohun cap Golok sebesar 64,5% sedangkan mie sohun cap Burung mengalami tingkat pertumbuhan sebesar 17,5%. PT. Bintang Mulya Jember mempunyai Market Share sebesar 27,9% untuk mie sohun Bintang Piring, 0,2% untuk Cap Golok dan 2,4% untuk mie sohun cap Burung. Pangsa pasar relatif PT. Bintang Mulya Jember dibandingkan dengan PT. Lingkaran Mas Jember sebesar 1,001x untuk mie sohun Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,15x. Jika dibandingkan dengan PT. Jago Superior Jember sebesar 0,6x untuk mie sohun Bintang Piring, 0,19x untuk mie sohun Cap Golok dan 0,17x untuk Mie Sohun Cap Burung. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa PT. Bintang Mulya Jember dibandingkan dengan PT. Lingkaran Mas berada pada posisi Cash Cow untuk produk mie sohun Bintang Piring, posisi dogs untuk cap Golok dan Question Marks untuk mie sohun cap Burung. PT. Bintang Mulya Jember dibandingkan dengan PT. Jago Superioe berada pada posisi dogs untuk produk mie sohun Bintang Piring, posisi dogs untuk cap Golok dan Question Marks untuk mie sohun cap Burung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24976
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository