ANALISIS PENGARUH BRAND COMMUNITY TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA PENGGUNA HONDAMEGAPRO DI JEMBER
Abstract
Dalam penelitian ini akan menganalisis pengaruh brand community
terhadap loyalitas merek, dan akan menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel
Legitimasi, Loyalitas Merek Oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita
merek, integrasi dan mempertahankan anggota terhadap loyalitas merek Honda
Megapro.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan
program SPSS for windows 10. Metode pengumpulan data ini menggunakan
metode kuesioner untuk anggota komunitas sepeda motor Honda Megapro di
Jember. Metode kuesioner ini digunakan untuk mengetahui lebih lanjut faktorfaktor
apa saja yang melatar belakangi loyalitas merek anggota komunitas Honda
Megapro sehingga memutuskan untuk tetap setia menggunakan Honda Megapro
tersebut. Kuesioner yang disebar sebanyak 70 kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan dari kelima variabel brand community yaitu
legitimasi, loyalitas merek oposisi, merayakan sejarah merek, berbagi cerita
merek, integrasi dan mempertahankan anggota,dan yang signifikan adalah
legimasi, loyalitas merek oposisi, berbagi cerita merek, integrasi dan
mempertahankan anggota.