PROSEDUR AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PENGUSAHA KECIL DAN MICRO ( KPKM ) PADA PT. BANK JATIM CABANG JEMBER
Abstract
KESIMPULAN
Dari hasil kegiatan Prektekk Kerja Nyata yang dilaksanakan di PT. Bank
Jatim Cabang Jember pada bidang Prosedur Akuntansi Pemberian Kredit Pengusaha
Kecil dan Mikro, maka dapat di ambil kesimpulan sebagai berikut :
1. PT. Bank Jatim Cabang Jember memberikan kredit kepada nasabah yang
memiliki usaha lebih dari 2 (dua) tahun dan nasabah harus mampu
menyediakan aguanan kredit berupa barang bergerak , barang tetap dan atau
lainnya yang dapat memenuhi syarat yang di tetapkan.
2. Proses pemberian kredit , meliputi :
a. Proses Pengajuan
Dalam prosedur ini nasabah membuat Surat Permohonan Kredit yang
berisi nama / alamat / nomor rekening / jumlah kredit yang di
inginkan, jangka waktu pengembalian, beserta lampiran lampiran
persyaratan lainnya . Selanjutnya bagian umum akan mencatat surat
permohonan kredit ke dalam surat masuk umum dan diserahkan
kepada pemimpin bidang operasional/ pimpinan cabang untuk
mendapatkan disposisi. Selanjutnya Surat permohonan kredit tersebut
diserahkah ke bagian kredit.
b. Prosedur Proses
Prosedur ini dimulai dengan di terimanya berkas berkas nasabah oleh
bagian kredit dari bagian umum. Kemudian bagian kredit melakukan
pengecekan terhadap berkas berkas tersebut dan selanjutnya
melakukan survey lapangan. Setelahh dilakukan survey lapangan,
bagian kredit akan melakukan pembahasan tentang survey lapangan
yang dilakukan dan memberikan analisa kepada penyelia pemasaran
dan pimpinan cabang untuk mendapatkan persetujuan dapat tidaknya
kredit yang di ajukan. Apabila pimpinan jabang menyetujui
pencairan tersebut, maka pemimpin cabang akan memberikan berkas
kebagian kredit untuk selanjutnya di buatkan Surat Pemberitahuan ersetujuan Kredit ( SPPK ). Setelah nasabah setuju atas syarat syarat
SPPK,maka dilanjutkan penandatanganan perjanjian kredit dan
pengikatan jaminan. Setelah dilakukan hal tersebut di atas maka
proses pencairan kredit dapat dilaksanakan.
c. Prosedur Pencairan Kredit
Prosedur pencairan kredit meliputi pembuatan advis kredit yang
ditandatangani oleh pemimpin cabang dan penyelia pemasaran,
kemudian dilakukan input data realiasasi kedalam system estim
(aplikasi program PT. Bank Jatim ). Pada saat itu juga pihak bank
mendebet rekening nasabah untuk biaya realisasi sehingga nasabah
dapat menarik kreditnya. Setelah itu bagian kredit akan memberikan
kwitansi duplikat dua ke nasabah sedangkan duplikat asli diberikan
kepada bagian akuntansi disertai laporan harian yang telah dibuatnya.
Berkas berkas yang lain akan di arsipkan oleh bagian kredit sesuai
dengan urutannya. Kemudian bagian akuntansi akan menjurnal
kwitansi yang diberikan oleh bagian kredit dan akan mengarsip
sesuai urutannya. Kemudian bagian akuntansi akan menjuranal dan
mengarsipkan sesuai tanggalnya.
d. Prosedur Angsuran Kredit
Dalam proserdur ini, nasabah akan langsung membayar melalui
rekening tabungan sehingga setiap akhir atau awal bulan bagian
kredit melakukan cek terhadap rekening nasabah apakah sudah ada
yang membayar atau belum.
Selain itu pengalaman praktis selama Praktek Kerja Nyata di PT. Bank Jatim
Cabang Jember yaitu mampu mengetahui dan melaksanakan secara langsung
bagai mana prosedur permohonan kredit, pencairan dan angsuran.