PERANAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT SEBAGAI SARANA PENUNJANG SISTEM OPERASIONAL DI HOTEL PANORAMA JEMBER
Abstract
Berdasarkan pada hasil Praktek Kerja Nyata yang dilakukan oleh penulis
maka dapat disimpulkan bahwa sistem operasional sebuah hotel tergolong yang
cukup rumit sehingga untuk memudahkannya diperlukan beberapa departemendepartemen.
Departemen-departemen tersebut memiliki tugas dan tanggung jawab
yang berbeda namun memiliki satu tujuan yang sama dan salah satu departemen
utamanya adalah Housekeeping Department atau departemen tata graha.
Housekeeping department bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, dan
kenyamanan kamar dan ruangan umum lainnya. Tugas utamanya adalah
menyediakan kamar yang bersih dan siap untuk dijual. Tugas dan tanggung jawab
yang dimiliki oleh housekeeping department sangat berpengaruh dalam menunjang
sistem operasional hotel. Hal ini dikarenakan hasil pendapatan terbesar suatu hotel
berasal dari penjualan kamar hotel.
Dalam proses penjualan kamar hotel, housekeeping department tidak bekerja
sendirian, melainkan perlu mengadakan koordinasi kerja dengan departemendepartemen
lain yang ada di dalam hotel. Koordinasi kerja tersebut harus dapat
berjalan dengan lancar dan baik karena setiap koordinasi kerja yang dilakukan
memiliki pengaruh terhadap sistem operasional hotel. Selain itu koordinasi ini
dilakukan untuk memudahkan housekeeping department dalam melakukan
pekerjaannya sehingga hotel pun mampu memberikan pelayanan yang cepat dan
maksimal. Dengan koordinasi kerja yang baik maka akan tercipta sistem operasional
yang baik pula.
Pada akhirnya dengan housekeeping department melaksanakan tugas dan
tanggung jawabnya serta mampu melakukan koordinasi kerja yang baik dengan
departemen-departemen lain maka proses peningkatan pendapatan hotel dapat
tercapai dan hotel dapat berkembang dengan cepat.