PENGEMBANGAN APLIKASI KAPASITAS JALAN INDONESIA (KAJI) PADA SIMPANG BERSINYAL (SIGNAL INTEGRATED) BERBASIS WINDOWS
Abstract
Pembangunan yang terus digalakkan sampai saat ini, mendorong timbulnya
inovasi dan teknologi baru diberbagai bidang. Seiring dengan meningkatnya
pembangunan bidang ekonomi, kapasitas dan kualitas kendaraan yang ada juga
meningkat, sehingga jalan sebagai prasarana perhubungan darat dikhawatirkan tidak
dapat menanggulangi seluruh masalah tersebut. Karena itu perlu adanya pengaturan
lalu lintas yang lebih ketat agar dapat mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi.
Untuk memudahkan pengaturan lalu lintas kendaraan yang terjadi akibat
perkembangan jaman, maka diciptakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)
yang di dalamnya terdapat syarat -syarat analisa untuk mengurangi resiko konflik di
jalan. Mengingat besarnya angka human error pada pengerjaan sebuah kasus
menggunakan manual MKJI, maka pada tahap ke-3 pembuatan MKJI diciptakanlah
sebuah software analisa berdasarkan MKJI yang bernama Kapasitas Jalan Indonesia
(KAJI).
Sayangnya ada beberapa kelemahan dari sistem KAJI antara lain KAJI masih
menggunakan versi DOS (Display Operating System) sehingga sedikit susah dalam
penggunaannya, sistem report KAJI yang kurang praktis, karena masih menggunakan
notepad, sehingga user harus bekerja dua kali jika menginginkan output report
program hasil analisa. Karena itu diperlukan pengembangan KAJI yang lebih user
friendly dan memiliki fitur untuk menyimpan data secara berkala. Sehingga bisa
digunakan untuk analisa transportasi secara kontinyu khususnya simpang bersinyal.
Akhirnya dikembangkan suatu program aplikasi berbasis windows yang
dikerjakan pada platform Delphi dengan menggunakan MKJI Simpang Bersinyal
sebagai dasar dan acuan dalam pembuatan program. Program ini dinamakanSIG
v.1.0. Program tersebut bertujuan untuk dapat digunakan dalam membantu menganalisa kinerja Simpang Bersinyal yang memadai, Dengan fasilitas output yang
bersifat user friendly.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan melakukan analisis sistem
terhadap program KAJI terlebih dahulu. Analisis sistem bertujuan untuk
mengidentifikasi masalah, mencari pemecahannya, dan menerapkannya. Kemudian
dilakukan penyusunan algoritma dan penulisan program.
Hasil dari penulisan kode program yaitu file dalam ekstensi (*.EXE) yang
dibuat agar file tersebut dapat ber diri sendiri. Kemudian file tersebut diuji untuk
mengetahui apakah program tersebut telah berjalan sesuai manual MKJI.
Untuk mengetahui tingkat efektifitas dari program yang dibuat, maka
dilakukan simulasi program. Program SIG v.1.0 dapat digunakan untuk menghitung
Waktu siklus (c), kapasitas (C), Derajat Kejenuhan (Degree of Saturation), Panjang
Antrian (QL), Tundaan (D), dan tipe kelas simpang dari suatu kasus simpang
bersinyal dengan praktis dan user friendly. Program diberi sebuah kasus untuk
dilakukan penyelesaian. Dari hasil simu lasi yang dilakukan, SIG v.1.0 telah
memberikan performa yang baik dalam akurasi nilai hasil perhitungan dan
kemudahan pengerjaan. SIG v.1.0 juga memiliki keunggulan yang lebih dari program
KAJI pada performa kemudahan operasi, waktu pengerjaan, serta tipe penyimpanan
data yang bersifat kontinyu hingga pada tiap -tiap lokasi kasus. Sehingga dari suatu
lokasi kasus didapatkan sebuah history atau rekaman data-data secara berkala atau
kontinyu yang dapat digunakan untuk analisis lebih lanjut .
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]