PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Gambiran Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan persepsi dan motivasi
belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Gambiran semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Hal ini ditunjukkan dari
hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (222,297>3,09) dengan =0,05 > Sig F = 0,000 dan
koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,82 yang berarti variabel persepsi dan
motivasi belajar siswa memberikan sumbangan sebesar 82% terhadap hasil belajar.
Secara parsial besarnya proporsi sumbangan variabel persepsi (X1) 53% dan variabel
motivasi belajar (X2) 29%. Dengan demikian proporsi sumbangan terbesar variabel
bebas terhadap variabel terikat diberikan oleh variabel persepsi (X1).