• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SDN SUKAMAKMUR 01 KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    r (81)r_1.pdf (396.4Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    AM. HISAM ARRIFKI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat dipahami oleh siswa tidak hanya sepotong – sepotong, melainkan secara holistik. Mencakup semua aspek kebahasaan yaitu : Menulis, Membaca, Menyimak, dan Berbicara. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia juga diharapkan mampu menyentuh ketiga ranah pendidikan baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan Kemampuan Menulis siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung dalam menyampaikan pendapat dan gagasan (2) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam menyampaikan pendapat dan gagasan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember pada siswa kelas IV yang terdiri dari 22 siswa. Siswa dibagi menjadi 8 kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelasyang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, tes performance, wawancara, dan dokumentasi teknis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk menganalisis data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui kemampuan individu siswa dalam menyampaikan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan selama pembelajaran berlangsung. Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 14 Agustus 2011 sampai 30 Agustus 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Sukamakmur 01 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa dan aktiviyas guru. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran terkait Kemampuan Menulis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam peningkatan kemampuan menulis cerita dengan menggunakan media gambar berseri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24875
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository