Show simple item record

dc.contributor.authorANA DWI LESTARI
dc.date.accessioned2014-01-27T01:44:58Z
dc.date.available2014-01-27T01:44:58Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM080210204302
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24857
dc.description.abstractFakta di SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Jember menunjukkan bahwa dalam pembelajaran matematika dipandang sulit oleh kebanyakan siswa sehingga mata pelajaran matematika kurang diminati dan cenderung ditakuti. Pembelajaran matematika juga masih menekankan kepada konsep-konsep di dalam buku. Guru tidak mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan belajar mereka, sehingga pembelajaran kurang efektif dan respon siswa terhadap pelajaran kurang bagus, hal ini menimbulkan kebosanan pada siswa. Selain itu guru adalah penentu jalannya proses pembelajaran, dan siswa menerima informasi secara pasif hanya dari guru. Penerapan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media kancing berwarna dapat menimbulkan kondisi belajar yang membuat siswa termotivasi dalam belajar, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran dengan model Numbered Head Together ( NHT ) dan media kancing berwarna dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV di SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan model Numbered Head Together ( NHT ) dan media kancing berwarna materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Tahun Pelajaran 2010/2011? (3) Bagaimana peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran matematika dengan model Numbered Head Together ( NHT ) dan media kancing berwarna materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Tahun Pelajaran 2010/2011? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media kancing berwarna dalam meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam model Numbered Head Together (NHT) dan media kancing berwarna materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran 2010/2011, (3) Meningkatkan aktivitas persentase ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media kancing berwarna materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tembokrejo 04 kelas IV yang terdiri 20 siswa, 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 01 April 2011 sampai dengan 20 April 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran 2010/2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru dan tes individu. Persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus I pertemuan I sebesar 30% pertemuan II sebesar 65%. Siklus II pertemuan I sebesar 75%, pertemuan II sebesar 95%. Persentase keaktifan guru untuk tiap-tiap pertemuan sebagai berikut, siklus I pertemuan I mencapai 75,56%, pertemuan II 86,67%. Siklus II pertemuan I mencapai 91,11%, pertemuan II 97,78%. Ketuntasan belajar siswa siklus 1 pertemuan 1 sebesar 40%, pertemuan II sebesar 50 %. Pada siklus 2 pertemuan I 70%, pertemuan II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penerapan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media kancing berwarna dapat meningkatkan hasil belajar siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204302;
dc.subjectNUMBERED HEAD TOGETHERen_US
dc.titlePENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DENGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DAN MEDIA KANCING BERWARNA PADA SISWA KELAS IV SDN TEMBOKREJO 04 GUMUKMAS JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record