dc.description.abstract | Fakta di SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Jember menunjukkan bahwa dalam
pembelajaran matematika dipandang sulit oleh kebanyakan siswa sehingga mata
pelajaran matematika kurang diminati dan cenderung ditakuti. Pembelajaran
matematika juga masih menekankan kepada konsep-konsep di dalam buku. Guru
tidak mengkaitkan pembelajaran dengan lingkungan belajar mereka, sehingga
pembelajaran kurang efektif dan respon siswa terhadap pelajaran kurang bagus, hal
ini menimbulkan kebosanan pada siswa. Selain itu guru adalah penentu jalannya
proses pembelajaran, dan siswa menerima informasi secara pasif hanya dari guru.
Penerapan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media kancing
berwarna dapat menimbulkan kondisi belajar yang membuat siswa termotivasi dalam
belajar, meningkatkan keterampilan sosial dan aktivitas siswa, membantu siswa
dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui
belajar secara berkelompok, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran dengan
model Numbered Head Together ( NHT ) dan media kancing berwarna dapat
meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
pada siswa kelas IV di SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Tahun Pelajaran 2010/2011?
(2) Bagaimana peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan
model Numbered Head Together ( NHT ) dan media kancing berwarna materi operasi
hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN Tembokrejo 04 Gumukmas Tahun Pelajaran 2010/2011? (3) Bagaimana peningkatan ketuntasan belajar
siswa setelah mengikuti proses pembelajaran matematika dengan model Numbered
Head Together ( NHT ) dan media kancing berwarna materi operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas IV SDN Tembokrejo 04
Gumukmas Tahun Pelajaran 2010/2011? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah : (1)
mendeskripsikan penerapan pembelajaran model Numbered Head Together (NHT)
dan media kancing berwarna dalam meningkatkan hasil belajar operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Tembokrejo
04 Tahun Pelajaran 2010/2011, (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam model
Numbered Head Together (NHT) dan media kancing berwarna materi operasi hitung
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Tembokrejo
04 Tahun Pelajaran 2010/2011, (3) Meningkatkan aktivitas persentase ketuntasan
hasil belajar dalam pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media
kancing berwarna materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
pada siswa kelas IV SDN Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tembokrejo 04 kelas IV yang terdiri 20
siswa, 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi empat
kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Teknik
pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan
data dilaksanakan mulai tanggal 01 April 2011 sampai dengan 20 April 2011. Subyek
penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tembokrejo 04 Tahun Pelajaran
2010/2011. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas siswa, aktivitas guru
dan tes individu. Persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus I pertemuan I
sebesar 30% pertemuan II sebesar 65%. Siklus II pertemuan I sebesar 75%,
pertemuan II sebesar 95%. Persentase keaktifan guru untuk tiap-tiap pertemuan
sebagai berikut, siklus I pertemuan I mencapai 75,56%, pertemuan II 86,67%. Siklus
II pertemuan I mencapai 91,11%, pertemuan II 97,78%. Ketuntasan belajar siswa siklus
1 pertemuan 1 sebesar 40%, pertemuan II sebesar 50 %. Pada siklus 2 pertemuan I 70%, pertemuan II sebesar 90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami
peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada materi operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat. Penerapan pembelajaran model Numbered Head
Together (NHT) dan media kancing berwarna dapat meningkatkan hasil belajar
siswa, menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menarik minat siswa untuk
belajar, menumbuhkan kemampuan siswa dalam berinteraksi serta saling bekerja
sama sehingga dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. | en_US |