PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK DAN DISTRIBUTOR TERHADAP VOLUME PENJUALAN SOUVENIR (Pada Industri Kerajinan Kerang Di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Tahun 2012)
Abstract
Berkembangnya persaingan bisnis dalam dunia pemasaran, mengharuskan para
pengusaha melakukan inovasi terhadap produk yang dihasilkan agar perusahaan tetap
bisa menarik konsumen dan dapat memenuhi selera atau kebutuhan konsumen.
Banyaknya industri kerajinan kerang di Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo
yang memproduksi produk sejenis mendorong perusahaan untuk melakukan
diversifikasi produk melalui pengenekaragaman produk, bentuk produk, dan ukuran
produk. Selain itu, perusahaan menggunakan jasa distributor agar produknya bisa
sampai ke tangan konsumen serta konsumen tidak mengalami kesulitan untuk
mendapatkan produk yang diinginkan. Diversifikasi produk dan penggunaan distributor
dimaksudkan untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah:
1) mengkaji adakah pengaruh yang signifikan variabel diversifikasi produk dan
distributor terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di
Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012 dan 2) mengkaji manakah
diantara variabel diversifikasi produk dan distributor yang berpengaruh dominan
terhadap volume penjualan souvenir pada industri kerajinan kerang di Kecamatan
Panarukan Kabupaten Situbondo tahun 2012.
Penelitian ini dilakukan di industri kerajinan kerang Kecamatan Panarukan
Kabupaten Situbondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tempat
penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yaitu tempat
penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu.
Penentuan responden penelitian menggunakan metode populasi. Metode pengumpulan
data melalui metode angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Angket dalam