ANALISIS PRODUK POSITIONING ROKOK KRETEK BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN DI WILAYAH PERKOTAAN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul analisis produk positioning rokok kretek berdasarkan
persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan
untuk untuk mengetahui dan menganalisis peta positioning produk rokok kretek Dji Sam
Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam Kretek, dan Wismilak berdasarkan
persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember.
Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang mengambarkan kemiripan
atribut produk rokok kretek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam
Kretek, dan Wismilak berdasarkan persepsi konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten
Jember. Atribut yang diteliti meliputi produk, harga, cita rasa, merek, dan aroma.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah merasakan produk rokok
kretek yang meliputi merek Dji Sam Soe, Sampoerna Ijo, Djarum 76, Gudang Garam
Kretek, dan Wismilak yang berdomisili di wilayah perkotaan Kabupaten Jember yang
merupakan wilayah eks Kota Administratif Jember yang terdiri dari tiga Kecamatan yaitu
Kecematan Sumbersari, Kecamatan Patrang, dan Kecamatan Kaliwates. Pengambilan
sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobabolity sampling dengan
metode purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 60 responden. Model
analisis yang digunakan adalah Multi Dimensional Scaling (MDS) dengan menggunakan
SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi Sampoerna Ijo, Gudang Garam
Kretek, dan Wismilak memiliki daya saing yang kuat dipasaran. Hal ini dapat dilihat dari
persepsi konsumen yang menilai kekuatan daya saing ketiga produk tersebut bersumber
pada produk, harga, cita rasa, dan aroma. Selain itu, dalam benak konsumen ada
kemiripan tentang produk, harga, cita rasa, dan merek antara Djarum 76 dan Dji Sam
Soe. Fakta ini didukung oleh hasil pemetaan dengan basis kepuasan pelanggan.