• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE SMART UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA KELAS XF SMA NEGERI 3 PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (64)S_1.pdf (2.800Mb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    AYUN DWI NURHASANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis belajar setelah diterapkan metode SMART pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo yaitu pada tahap prasiklus siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 0 siswa dengan persentase ketidak tuntasan 100%. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat, yaitu sebanyak 20 siswa dengan presentase 63% tuntas belajar dengan nilai ≥ 75. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 75 sebanyak 28 siswa dengan persentase 88%. Jadi siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan dari 68% sampai 88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SMART dapat meningkatkan kemampuan menulis wacana argumentasi pada siswa kelas XF SMA Negeri 3 Probolinggo. Setelah adanya penelitian tersebut, disarankan guru hendaknya senantiasa mengawasi kelas untuk memotivasi keaktifan siswa dan memberikan bimbingan secara individu maupun kelompok. Guru kelas mampu menerapkan metode SMART pada materi mata pelajaran Bahasa Indonesia yang lain agar pembelajaran yang diberikan dapat bervariasi, dapat menantang siswa untuk kreatif, dapat menumbuhkan minat belajar siswa yang lebih tinggi, dan dapat memotivasi siswa untuk berkarya. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dijadikan masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan metode SMART sesuai dengan materi yang diteliti. Bagi pemerhati pendidikan, sebaiknya lebih mengembangkan teori pembelajaran yang mampu membuat siswa lebih kreatif. Siswa hendaknya saling membantu sesama teman sebaya jika teman merasa tidak paham terhadap materi dan siswa juga perlu berani bertanya kepada teman atau pun guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24742
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository