PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII F SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 KALISAT TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Motivasi belajar siswa yang kurang pada mata pelajaran matematika akan
berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang
mempengaruhinya adalah model pembelajaran yang digunakan guru di kelas
cenderung monoton, sehingga kurang membangkitkan motivasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangkitkan motivasi dan hasil belajar
siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kalisat dan pengambilan data
dilakukan pada tanggal 13 Oktober 2008 sampai dengan 29 Oktober 2008.
Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas VII F. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan angket.
Data yang dikumpulkan yaitu aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran
berlangsung, motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pokok bahasan operasi
bilangan pecahan terlaksana dengan lancar. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dan
masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pembelajaran. Aktivitas siswa secara
klasikal mengalami peningkatan dibandingkan pembelajaran sebelumnya.
Persentase keaktifan siswa secara klasikal adalah 79,17% pada pembelajaran I dan
meningkat menjadi 86,50% pada pembelajaran II di siklus I, 85,17% pada
pembelajaran III serta mencapai 91,67% pada pembelajaran IV siklus II.
Kesulitan yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung antara lain terdapat beberapa siswa yang sulit berinteraksi dengan teman-temannya, kurang
berpartisipasi dan cenderung pasif.
Rata-rata motivasi belajar siswa pada dua siklus pembelajaran meningkat
dari 4,30 siklus I menjadi 4,46 pada siklus II. Sedangkan prosentase ketuntasan
hasil belajar siswa pada siklus I adalah 45% dan mencapai 80% pada siklus II. Hal
tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Ketuntasan klasikalnya tercapai pada siklus II %75
≥
, yaitu 80%. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Heads Together (NHT) pada pokok bahasan operasi bilangan pecahan cukup
optimal untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu
Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.