MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA KELAS V SDN JATIROTO 01 JEMBER MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V SDN Jatiroto 01
Jember, kemampuan membaca puisi siswa masih tergolong rendah. Siswa membaca
puisi tanpa memperhatikan aspek-aspek yang ada di dalamnya seperti lafal, intonasi
dan ekspresi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah pula.
Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut dikarenakan kurang sesuainya
metode yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan puisi dan guru tidak
memberikan contoh cara membaca puisi yang baik dan benar sehingga siswa menjadi
pasif dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk
meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa melalui pembelajaran kooperatif
tipe Student Facilitator and Explaining. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah: (1)bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan kemampuan membaca
puisi siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013; dan
(2)bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN 01
Jatiroto Jember setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student
Facilitator and Explaining. Berdasarkan rumusan masalah yang ada, penelitian ini
juga bertujuan untuk: (1)mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca puisi siswa kelas V SDN Jatiroto 01 Jember tahun pelajaran
2012/2013; dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca puisi siswa
kelas V SDN Jatiroro 01 Jember tahun pelajaran 2012/2013 setelah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining