PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS III SDN AJUNG 03 KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus,
dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Pembelajaran pembelajaran dengan metode pemberian balikan memiliki
dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan
peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (69,44,
dan siklus II (88,89%).
2. Penerapan pembelajaran dengan metode pemberian balikan mempunyai
pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang
ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik
dan berminat pembelajaran dengan metode pemberian balikan sehingga mereka
menjadi termotivasi untuk belajar.