Pengendalian Motor BLDC Menggunakan Jaring Saraf Tiruan
Abstract
Dalam penelitian ini dikembangkan suatu pengendalian motor BLDC menggunakan Jaring Saraf Tiruan (JST) atau Neural Network (NN). Penyusunan Jaring Saraf Tiruan atau Neural Network dilakukan dengan teknik pembelajaran berdasarkan algoritma backpropagation dan dengan optimasi struktur yang didasarkan pada epoch dan error yang minimal. Efektivitas metode yang diusulkan diverifikasi dengan membandingkan kinerja motor BLDC menggunakan kendali JST dengan kinerja motor BLDC yeng menggunakan kendali PID. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kontrol JST yang diusulkan mampu menghasilkan peningkatan kinerja kendali yang signifkan dibandingkan dengan kontroler PID. Pada kondisi pengendalian kecepatan referensi yang variasi, kecepatan yang dihasilkan kendali JST lebih cepat menyesuaikan dan lebih stabil bila dibandingkan dengan dengan kendali PID. Begitu juga pada beban yang bervariasi, kendali dengan JST menghasilkan kecepatan motor jauh lebih stabil dibandingkan dengan kontrol PID.
Collections
- Fakultas Teknik [94]