Show simple item record

dc.contributor.authorNinik Agustina
dc.date.accessioned2014-01-27T00:29:21Z
dc.date.available2014-01-27T00:29:21Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM040210102258
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24683
dc.description.abstractRINGKASAN Model Analisis Kejadian Riil Lingkungan Desertai Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMP (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009); Ninik Agustina, 040210102258; 2009:39 halaman; Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Penelitian ini menerapkan model analisis kejadian riil lingkungan disertai dengan metode eksperimen. Model analisis kejadian riil lingkungan disertai dengan metode eksperimen adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan obyek-obyek dan benda-benda yang diambilkan dari lingkungan sekitar sebagai bahan pengamatan dalam memahami konsep fisika. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan hasil belajar antara pembelajaran fisika yang menggunakan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran fisika yang menggunakan model konvensional?; (2)Adakah perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran model konvensional? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji perbedaan hasil belajar antara pembelajaran fisika yang menggunakan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran fisika yang menggunakan model konvensional; (2) mengkaji perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Jember, yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling, diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelompok siswa yang menerima pembelajaran fisika dengan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan kelas kontrol sebagai kelompok siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data meliputi vii http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id http://digilib.unej.ac.id observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Analisa data yang dilakukan yaitu; (1) uji beda rata-rata untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran fisika dengan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan model konvensional; (2) Uji kolmogorov-mirnov untuk mengetahui adanya perbedaan aktivitas belajar fisika siswa antara pembelajaran fisika dengan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan model konvensional . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran fisika yang menggunakan model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran fisika yang menggunakan model konvensional; (2) ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran model analisis kejadian riil lingkungan disertai metode eksperimen dan dengan pembelajaran model konvensional.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries040210102258;
dc.subjectMetode Eksperimenen_US
dc.titleModel Analisis Kejadian Riil Lingkungan Desertai Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika di SMP (Studi Eksperimen Pada Pokok Bahasan Alat Optik Kelas VIII semester Genap Tahun Ajaran 2008/2009)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record