PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BPR WILIS PUTRA UTAMA BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh parsial
dan simultan bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan
masyarakat dan penjualan pribadi) terhadap kepuasaan nasabah dan mengetahui
variabel bauran promosi yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasaan
nasabah.
Penelitian ini dilakukan pada Nasabah PT. BPR Wilis Putra Utama
Banyuwangi. Model penelitian adalah dengan penelitian lapangan (field
research). Metode penelitian lain yang digunakan dalam penelitian adalah
penelitian kepustakaan (library research) yang dilaksanakan dengan membaca
buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti serta hasil penelitian
lainnya yang dapat menunjang penelitian ini.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F,
dan uji t. Regresi berganda digunakan untuk menggambarkan model hubungan
antara variabel bebas dan variabel terikat. Uji F sering disebut uji simultan, yang
digunakan untuk menguji apakah variabel independen yang digunakan dalam
model mampu menjelaskan perubahan nilai variabel dependen atau tidak. Uji t
digunakan untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen yang
terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan penjualan
pribadi terhadap kepuasaan nasabah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bauran promosi memiliki
pengaruh yang signifikan hal ini didasarkan pada besarnya nilai Fhitung = 15.485 >
Ftabel = 2.47, sementara secara parsial nilai -Thitung (x1, -7.288) (x2, -5.192) (x3, -
4.800) (x4, -7.562) < -TTabel, (-1.985) sehingga bauran promosi berpengaruh
terhadap terhadap kepuasaan nasabah, sementara promosi penjualan merupakan
variabel yang berpengaruh dominan terhadap terhadap kepuasaan nasabah yaitu
(0.429).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bauran promosi berpengaruh
signifikan terhadap kepuasaan nasabah baik secara parsial atau simultan