PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DENGAN ANALISIS SWOT PADA PT. SURABAYA INTELECTUAL CLUB (SIC) CABANG JEMBER.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang
menjadi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), serta
ancaman (threat) yang akan dihadapi oleh PT. SIC Jember dan menentukan strategi
pemasaran yang tepat bagi PT. SIC Jember untuk menghadapi persaingan yang ada.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif
merupakan suatu penelitian yang bersifat menggambarkan secara sistematis
mengenai fakta-fakta, situasi dan aktivitas dari obyek yang diteliti dengan tujuan
menggambarkan sifat tertentu yang tengah berlangsung pada saat riset dilakukan
dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala tertentu. Sampel dalam penelitian ini
adalah responden yang pernah membeli produk buku PT. SIC Jember minimal 2
kali. Penelitian ini mengambil 55 sampel, 5 dari internal perusahaan dimana para
responden adalah para karyawan dan 50 dari eksternal perusahaan yaitu para
konsumen. Penelitian ini dilaksanakan dengan periode waktu penelitian adalah
bulan November sampai dengan Desember 2007. Data yang digunakan adalah data
primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah uji instrumen data
dan analisis SWOT
Hasil analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan klasifikasi pada tabel
IFAS dan EFAS diketahui bahwa skor untuk faktor strategis internal sebesar 2,954.
Sedangkan skor total untuk faktor eksternal sebesar 2,957. Dalam matrik Internal –
Eksternal (IE Matrik) didapatkan posisi PT. SIC Jember yaitu berada pada kuadran
V yang bertanda asterix (2,954: 2,957). Posisi kuadran V ini berarti bahwa PT. SIC
Jember Jember seharusnya menerapkan strategi stabilitas.
Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa PT. SIC Jember Jember
penetapan strategi yang diterapkan adalah differensiasi (Differentation), penetrasi
pasar dan strategi ekspansi.