• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH MENGGUNAKAN AUTHENTIC ASSESSMENT SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    AB (349)_1.pdf (352.4Kb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    Vika Nur Indah W
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    roses belajar mengajar di sekolah masih cenderung berpusat pada guru. Siswa jadi pasif karena jarang diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam kegiatan pembelajaran. Selama ini guru hanya menilai siswa hanya berdasarkan nilai kognitif saja. Nilai aktivitas siswa hanya dijadikan sebagai nilai tambahan saat penilaian di raport. Tidak ada rumus tertentu untuk menilai siswa secara menyeluruh baik dari segi kognitif maupun segi efektif dan psikomotorik.Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gumukmas. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menggumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mengobservasi kegiatan siswa dan kegiatan guruPenelitian ini dilaksanakan selama 1 minggu. Siklus I dilaksanakan tanggal 1-4 Juni 2012 dan siklus II tanggal 5-7 Juni 2012.Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a macth terdiri dari 3 fase pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan kelompok/kegiatan inti, dan formalisasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan untuk menggumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus mengobservasi kegiatan siswa dan kegiatan guru aktif berparsitipasi dalam kelompok.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24649
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository