PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH MENGGUNAKAN AUTHENTIC ASSESSMENT SUB POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 GUMUKMAS TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
roses belajar mengajar di sekolah masih cenderung berpusat pada guru.
Siswa jadi pasif karena jarang diberi kesempatan untuk ambil bagian dalam
kegiatan pembelajaran. Selama ini guru hanya menilai siswa hanya berdasarkan
nilai kognitif saja. Nilai aktivitas siswa hanya dijadikan sebagai nilai tambahan
saat penilaian di raport. Tidak ada rumus tertentu untuk menilai siswa secara
menyeluruh baik dari segi kognitif maupun segi efektif dan psikomotorik.Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif
Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1
Gumukmas. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan
untuk menggumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes
dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Setiap siklus mengobservasi kegiatan siswa dan kegiatan guruPenelitian ini dilaksanakan selama 1 minggu. Siklus I dilaksanakan tanggal 1-4
Juni 2012 dan siklus II tanggal 5-7 Juni 2012.Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik make a macth terdiri dari 3 fase pembelajaran yaitu pendahuluan, kegiatan kelompok/kegiatan inti, dan formalisasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan
untuk menggumpulkan data dalam penelitian adalah observasi, dokumentasi, tes
dan wawancara. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan
siklus II. Setiap siklus mengobservasi kegiatan siswa dan kegiatan guru aktif berparsitipasi dalam kelompok.