Show simple item record

dc.contributor.authorAwik Kurniati
dc.date.accessioned2014-01-27T00:07:06Z
dc.date.available2014-01-27T00:07:06Z
dc.date.issued2014-01-27
dc.identifier.nimNIM060210102072
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24638
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII D SMPN 1 Silo pada tahun ajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Aktivitas memperhatikan penjelasan guru meningkat dari pra siklus 14 siswa menjadi 30 siswa pada siklus I, sedangkan pada siklus II meningkat sedikit menjadi 32. Aktivitas bertanya meningkat dari 2 siswa pada pra siklus menjadi 22 pada siklus I dan menigkat menjadi 25 pada siklus II. Aktivitas menjawab pertanyaan guru meningkat dari 4 siswa pada pra siklus menjadi 25 pada siklus I dan menigkat menjadi 28 pada siklus II. Aktivitas mengerjakan soal meningkat dari 11 siswa pada pra siklus menjadi 25 pada siklus I dan menigkat menjadi 27 pada siklus II. Sedangkan, peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I, sebesar 28.95% yaitu dari 31.57% menjadi 60.52%. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari pra-siklus ke siklus II dengan peningkatan sebesar 49.99% yaitu dari 31.57% menjadi 78.94%. Berdasarkan hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization (TAI) dengan Metode Praktikum dapat meningkatkan aktivitas dan ketuntantasan hasil belajar SMP Negeri 1 Silo.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102072;
dc.subjectTeam Assited Individualization (TAI), Metode Praktikumen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS VII-D SMP NEGERI 1 SILOen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record