PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE DISKUSI SYNDICATE GROUP DI SDN KALIBOTO LOR 011 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III-B dengan jumlah 29
siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 15 perempuan di SDN Kaliboto Lor 01,
Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas III-B dan siswa kelas III-B SDN Kaliboto
Lor 01, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil penelitian
pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu
34,48% sedangkan secara klasikal yaitu 54,30%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa
mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 51,72% sedangkan secara
klasikal sebesar 17,25%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar
48,27% sedangkan secara klasikal sebesar 71.03% dan pada siklus II mengalami
peningkatan yaitu secara individu sebesar 27,59% sedangkan secara klasikal sebesar
4,72%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan
metode diskusi syndicate group dengan materi nilai-nilai sumpah pemuda dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kaliboto Lor 01,
Jatiroto, Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan
suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan
dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk
penelitian lebih lanjut.