• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN PKn TEMA LINGKUNGAN MELALUI METODE DISKUSI SYNDICATE GROUP DI SDN KALIBOTO LOR 011 KABUPATEN LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    S_S (6)S_1.pdf (4.835Mb)
    Date
    2014-01-27
    Author
    AULIA RATRI MASITHA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III-B dengan jumlah 29 siswa yang terdiri atas 14 laki-laki dan 15 perempuan di SDN Kaliboto Lor 01, Lumajang. Sumber data yaitu guru kelas III-B dan siswa kelas III-B SDN Kaliboto Lor 01, referensi, dan dokumentasi. Jenis penelitian adalah PTK dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Desain penelitian terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa secara individu yaitu 34,48% sedangkan secara klasikal yaitu 54,30%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 51,72% sedangkan secara klasikal sebesar 17,25%. Pada siklus I hasil belajar siswa secara individu sebesar 48,27% sedangkan secara klasikal sebesar 71.03% dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu secara individu sebesar 27,59% sedangkan secara klasikal sebesar 4,72%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi syndicate group dengan materi nilai-nilai sumpah pemuda dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Kaliboto Lor 01, Jatiroto, Lumajang. Saran bagi guru yaitu sebaiknya guru dapat mengembangkan suatu pembelajaran yang inovatif dan sekolah hendaknya dapat memberikan dukungan. Bagi peneliti lain, hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan untuk penelitian lebih lanjut.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24629
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository