Show simple item record

dc.contributor.authorLinda Prastyaningtyas
dc.date.accessioned2014-01-26T23:32:15Z
dc.date.available2014-01-26T23:32:15Z
dc.date.issued2014-01-26
dc.identifier.nimNIM080210391010
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24583
dc.description.abstractSaat ini jasa pendidikan yang berkualitas dapat dijadikan modal sekaligus kunci keberhasilan dalam menghadapi globalisasi dan kompetensi yang semakin ketat. Mengingat arti pentingnya jasa pendidikan, sarana prasarana dan tenaga pengajar yang berkualitas merupakan faktor-faktor yang berkaitan dengan jasa pendidikan. Lembaga pendidikan yang berkualitas merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi outcome siswa suatu lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memberikan pelayanan jasa pendidikan yang berkualitas dapat dilihat dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan menengah yang mengutamakan pengembangan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu agar siswa mampu bersaing di dunia kerja dalam era globalisasi saat ini. Banyaknya SMK yang didirikan dapat menimbulkan persaingan antar lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan perlu meningkatkan kualitas sarana prasarana dan tenaga pengajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji pengaruh dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012 dan 2) mengkaji manakah diantara variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati yang memiliki pengaruh dominan terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian inferensial. Tempat penelitian ditentukan dengan cara Purposive Area yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember dan penentuan responden penelitian menggunakan Random Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini sebelumnya di uji dengan menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, efektifitas garis regresi, uji F dan uji t dengan taraf signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 17,00 for windows. Analisis regresi linier berganda menghasilkan persamaan Ŷ=-2,448+ 0,240X1 + 0,062X2 + 0,202X3 + 0,216X4 + 0,242X5 + e dengan R2 (R Square) sebesar 0,724. Uji F diperoleh hasil fhitung sebesar 49,284 dan ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,311 dengan menggunakan kriteria pengujian yaitu fhitung > ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel bebas (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012. Besarnya pengaruh tersebut sebesar 72,4%. Sedangkan secara parsial, dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan memiliki pengaruh sebesar bukti fisik 25,53%, kehandalan 7,38%, daya tanggap 10,52%, jaminan 11,14% dan empati 17,87%. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa: 1) dimensi kualitas pelayanan jasa pendidikan berpengaruh terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012 sebesar 72,4% dan 2) bukti fisik memiliki pengaruh dominan terhadap outcome siswa SMK Negeri 1 Jember tahun ajaran 2011/2012 sebesar 25,53%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391010;
dc.subjectPelayanan Jasa Pendidikanen_US
dc.titlePENGARUH DIMENSI KUALITAS JASA PENDIDIKAN TERHADAP OUTCOME SISWA SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record