Show simple item record

dc.contributor.authorHobri
dc.contributor.authorSusanto
dc.date.accessioned2013-12-02T09:35:12Z
dc.date.available2013-12-02T09:35:12Z
dc.date.issued2013-12-02
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/2457
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Jember telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818en_US
dc.description.abstractSelama ini, siswa SMK belajar matematika karena "terpaksa". Tuntutan kurikulum yang ada serta peran guru matematika SMK selama ini belum mampu meyakinkan Secara nyata bahwa matematika perlu dikuasai oleh siswa, baik sebagai alat untuk berfikir (logika) maupun sebagai alat menyelesaikan masalah kejuiuan secara praktis (sederhana). Satu hal penting dalam upaya ini adalah minunjukkan secara nyata dan sederhana bahwa konsep-konsep matematika dapat diaplikasikan dalam banyak persoalan kejuruan, terutama dalam hal hitung menghitung. Desain model pembelajaran matematika berorientasi vocational skill dikembangkan guna memenuhi adanya tuntutan (kebutuhan) untuk menciptakan kebermaknaan kepada diri siswa SMK bahwa belajar matematika sebagai mata pelajaran kelompok adaptif sangat membantu dalam memahami dan menguasai mata pelajaran kejuruan (produktif). Dalam proses pembelajaran, tujuan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi, mulai dari desain pembelajaran, alat peraga, pembentukan kelompok, sampai pada presentasi siswa di kelas. Dengan demikian, siswa SMK akan termotivasi belajar matematika dan menguasainya dengan perasaan senang dan tidak ada paksaan. Model pernbelajaran matematika berorientasi pada vocational .skill yang dikembangkan, meliputi 4 aspek, yaitu : (l) melibatkan aspek psikomotorik, (2) materi (konsep) matematika terkait langsung dengan masalah kejuruan, (3) pembentukan konsepsi matematika siswa diperoleh melalui simulq! alat-.a.l1t kejuruan, dan (4) aplikasi atau terapan matematika yang dikerjakan S-rswa tidak verbal. Empat aspek tersebut, selanjutnya diterjemahkan dalam strategi pembelajaran, yaitu pembelajaran kontekstual berbasis masalah kej uruan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (developmental research). Penelitian ini berorientasi pada pengembangan produk, yang proses pengembangannya dideskripsikan seteliti mungkin dan produk akhirnya dievaluasi. Dalam penelitian ini yang dikembangkan berupa model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan instrumen-instrumen yang diperlukan. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Plomp, dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Adapun fase-fase pengembangaq model Plomp dalam penelitian ini adalah : (1) fase investigasi awal, (2) fase perancangan, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. llten_US
dc.description.sponsorshipHB-2009en_US
dc.publisherFKIP_09en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectVocalio nal Skillen_US
dc.subjectPendekatan Kontekstualen_US
dc.subjectSekolah Menengah Kejuruanen_US
dc.titlePengem bangan Model Pembelajaran Matematika Berorientasi Vocalio nal Skill di SMK dengan Pendekatan Kontekstuat Berbasis Masalah Kejuruanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record