ANALISIS SWOT DALAM PENETUAN STRATEGI BERSAING
Abstract
Perkembangan pada perbankan syariah terus mengalami kemajuan, namun
hendaknya tidak membuat bank syariah berbesar kepala, sebab banyak hal yang harus
dibenahi pada diri perbankan syariah. PT Bank BNI Syariah adalah salah satu unit
usaha syariah (UUS) yang telah memperoleh izin operasional dari Bank Indonesia.
UUS BNI yang menjadi bank umum syariah (BUS) melalui proses spin off. Dengan
adanya proses spin off ini maka PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah
Jember memerlukan strategi untk bersaing dengan perbankan syariah yang lain.
Sehingga untuk menentukan strategi yang digunakan, peneliti menggunakan analisis
SWOT yaitu menganalisis faktor internal dan eksternal pada PT. Bank BNI Syariah
Kantor Cabang Syariah Jember . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menganalisis
Penelitian ini dilakukan pada PT. Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Jember.
bagaimana analisis SWOT dalam penentuan strategi bersaing.
Hasil pe nelit ian ini Faktor internal dalam menentukan strategi bersaing pada PT.
Bank BNI Syariah Kantor Cabang Syariah Jember terdiri dari kekuatan meliputi :
Tata kelola dan perilaku atau budaya Bank Syariah yang baik, iklim inve stasi posit if
dan semangat kerja tinggi, FDR normal, kontribusi positif terhadap masyarakat dan
kelestarian lingkungan, membantu pengusaha-pengusaha di Wilayah Jember.
Dan kelemahan meliputi : Tenaga ahli yang terbatas, kurangnya sarana pendukung,
kurangnya aturan pendukung, promosi atau pengenalan door to door dan teknologi
yang masih terbatas.