ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA PT. HOUSE OF FARAH SIDOARJO
Abstract
Sejalan dengan perkembangan ekonomi, perkembangan teknologi informasi
menyebabkan perubahan penting dalam memahami sistem informasi untuk berbagai
kegiatan perusahaan. Sistem informasiakuntansi mempunyai peranan yang penting
dalam menyediakan informasi bagi manajemen guna mengatasi persaingan usaha
antar perusahaan yang sejenis.
PT. House of Farah Sidoarjo merupakan perusahaan yang bergerak dalam
bidang distributor beberapa merek busana muslim. Kendala yang dialami perusahaan
tersebut adalah penerapan sistem dan prosedur yang kurang memadai dalam sistem
informasi akuntansi siklus penjualan. Sebab sektor penjualan diharapkan dapat
menutup semua biaya yang dikeluarkan dan memenuhi keuntungan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan ruang
lingkup analisis yang difokuskan pada analisis sistam informasi akuntansi penjualan
pada perusahaan. Jenis dan sumber data yang digunakan merupakan data primer.
Prosedur pengumpulan data berupa survei pendahuluan, dan survei lapangan. Teknik
analisisnya berupa teknik analisis deskriptif.
Analisa sistem pada fungsi panjualan di PT. House of Farah Sidoarjo
mempunyai tujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan sistem dan kebutuhankebutuhan
sistem. Sehingga, hasil analisis sistem merupakan landasan yang
digunakan dalam melakukan perbaikan-perbaikan.