ANALISIS BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN TALANGAN HAJI ARAFAH PADA KOPERASI SYARIAH AL MABRUR BANYUWANGI
Abstract
Produk perbankan syariah saat ini merupakan produk perbankan yang terus
berkembang dari waktu ke waktu. Perkembangan ini ditandai dengan
bermunculannya bank syariah dan bank konvensional yang melebarkan sayap pada
sektor syariah. Perkembangan ini tidak hanya dilakukan oleh bank konvensional saja,
koperasi yang sebagai salah satu pelaku perekonomian juga mengembangkan
usahanya dibidang syariah. Koperasi Syariah Al Mabrur adalah salah satu koperasi
yang berawal dari usaha yang berbasis konvensional menjadi koperasi yang usahanya
berbasis syariah.
Salah satu produk Koperasi Syariah Al Mabrur yaitu Talangan Haji Arafah.
Talangan haji merupakan pinjaman dana talangan dari bank kepada nasabah, khusus
untuk menutupi kekurangan dana untuk memperoleh kursi / seat haji dan pada saat
pelunasan BPIH. Koperasi Syariah Al Mabrur dalam kegiatan pemasarannya
menggunakan bauran komunikasi pemasaran sebagai media pemasarannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bauran
komunikasi pemasaran yang dilakukan Koperasi Syariah Al Mabrur dalam
memasarkan produk Talangan Haji Arafah. Penelitian dilakukan di Koperasi Syariah
Al Mabrur. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana bauran
komunikasi talangan haji arafah pada koperasi syariah al mabrur. Penelitian yang
dilakukan yaitu menggunakan metode deskriptif paradigma kualitatif melalui
beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara dan dokumentasi yang
berkaitan dengan bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan Koperasi Syariah Al
Mabrur untuk memasarkan Talangan Haji Arafah. Hasil penelitian bahwa Koperasi Syariah Al Mabrur menggunakan bauran
komunikasi pemasaran untuk memasarkan Talangan Haji Arafah. Empat dari delapan
bauran komunikasi pemasaran yang digunakan yaitu periklanan, hubungan
masyarakat dan publisitas, pemasaran dari mulut ke mulut, dan penjualan personal.
Penjualan personal menjadi bauran komunikasi pemasaran yang diutamakan oleh
Koperasi Syariah Al Mabrur karena lebih efektif dibandingkan bauran komunikasi
pemasaran lainnya yang digunakan.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan
pemikiran atau masukan yang berarti bagi Koperasi Syariah Al Mabrur untuk
digunakan sebagai bahan pertimbangan serta evaluasi dalam mengambil keputusan
bagi perusahaan, khususnya dalam hal bauran komunikasi pemasaran Talangan Haji
Arafah pada Koperasi Syariah Al Mabrur Banyuwangi