MODEL INOVASI PRODUK ROTI (STUDI PADA SAID’S ROTI DI KABUPATEN JEMBER)
Abstract
Perdagangan bebas akan menimbulkan persaingan yang semakin kompetitif,
sehingga konsumen lebih selektif dalam memilih produk. Perusahaan dituntut untuk
lebih inovatif dalam menghasilkan suatu produk, Perusahaan memerlukan sebuah
model inovasi yang mampu memberikan kontribusi besar dalam keberlangsungan
hidup perusahaan dan menghasilkan nilai lebih atau super value, dimana inovasi
digunakan sebagai penunjang keberhasilan perusahaan dalam terus mempertahankan
produknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model inovasi produk yang
digunakan oleh Said’s Roti. Penelitian dilakukan di Said’s Roti. Adapun dari
penelitian ini adalah bagaimana model inovasi produk pada Said’s Roti di Kabupaten
Jember. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif paradigma
kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu observasi pendahuluan, wawancara dan
dokumentasi yang berkaitan dengan model inovasi produk roti.
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah di uraikan sebelumnya, bahwa
Said’s Roti dalam menerapkan model inovasi produk roti yaitu terlebih dahulu
melakukan perencanaan model inovasi sebelum dilakukan implementasi terhadap
produk yang akan di produksi sesuai dengan keinganan dan permintaan konsumen.
Ide-ide yang diperoleh Perusahaan Said’s Roti dalam menerapkan model inovasi
didapat melalui dua informasi internal dan eksternal, Informasi internal diperoleh
dari dalam perusahaan sendiri, yakni dari pemilik dan karyawan perusahaan yang
dipengaruhi oleh pengalaman sendiri, imajinasi kreatifitas dan keinginan pemilik
baik dalam desain bentuk dan kreasi baru serta sebagai penumbuh daya kreatifitas
dalam berproduksi dan berinovasi roti. Informasi Eksternal perusahaan dalam
berinovasi diperoleh dari para konsumen dan pelanggan Said’s Roti. Informasi yang
ix
diberikan yaitu infornasi dan keinginan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan
para konsumen serta melihat pada pesanan dan permintaan.