PENINGKATAN KEMAMPUAN MENCERITAKAN ISI DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU PADA SISWA KELAS I SDN BUJUR BARAT I KECAMATAN BATUMARMAR KABUPATEN PAMEKASAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
menceritakan isi dongeng dengan menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu
pada siswa kelas I SDN Bujur Barat I Kecamatan Batumarmar Kabupaten
Pamekasan 2009/2010.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Bujur Barat I Kecamatan
Batumarmar Kabupaten Pamekasan 2009/2010 dengan jumlah siswa 37 orang.
Sumber data penelitian yang diperlukan antara lain: untuk mengetahui hasil
belajar siswa dipergunakan tes esay yang dibuat peneliti sebanyak 10 soal untuk
tiap siklusnya. Untuk mengetahui aktivitas siswa saat proses pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan pembelajaran terpadu, digunakan beberapa alat peraga
dan data suparvisor.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap
akhir pembelajaran dilakukan evaluasi akhir. Hasil penelitian pada siklus 1 jumlah
siswa yang tuntas 28 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 75% berada dalam
kategori belum tuntas. Pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas 32 orang siswa
dengan ketuntasan klasikal 85% termasuk kategori tuntas. Dengan demikian bila
kita lihat dan kita bandingkan pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan
metode pembelajaran terpadu maka model pembelajaran ini dapat meningkatkan
kualitas hasil belajar siswa.