dc.description.abstract | Matematika sebagai ilmu deduktif, dalam proses menurunkan/merumuskan
konsep/prinsip matematika dapat dimungkinkan menggunakan proses induktif.
Model pembelajaran berpikir induktif adalah pola belajar-mengajar yang dirancang
untuk mengembangkan proses berpikir secara induktif. Dalam proses berpikir
tersebut telah dirancang jalan penalaran setapak demi setapak yang untuk mengikuti
alur berpikir tersebut sangat penting sebab kekuatan berpikir mengikuti hukum
perkembangan berpikir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:
(1) penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep;
(2) aktivitas siswa selama pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan
konsep; dan (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran
berpikir induktif dengan peta keterkaitan konsep. Penelitian dilaksanakan mulai
tanggal 21 Desember 2006 sampai 31 Desember 2006 dengan subjek penelitian
siswa kelas VIIB semester I SMP Muhammadiyah I Jember tahun ajaran 2006/2007.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sedangkan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.
Penerapan model pembelajaran berpikir induktif dengan peta keterkaitan
konsep (PKK) berjalan dengan baik sesuai dengan teori pembelajaran. Pembelajaran
ini mampu melatih siswa menemukan konsep secara ilmiah yaitu siswa dapat
membentuk pengertian suatu konsep matematika sendiri, menginterpretasi data yang
diperoleh dan menerapkan prinsip-prinsip konsep yang terbentuk itu untuk
menyelesaikan permasalahan matematika. Untuk membantu siswa melewati tahaptahap
belajar
induktif
tersebut,
dalam
pembelajaran
ini
diberikan
LKS.
Pembelajaran
berpikir
induktif
dengan
peta
keterkaitan
konsep
(PKK)
menunjukkan
aktivitas
siswa
yang tinggi. Keaktifan siswa dari pembelajaran pertama ke pembelajaran kedua
mengalami peningkatan, aktivitas siswa yang diamati secara visual meningkat
sebesar 9,55% yaitu 89,06%. Sedangkan aktivitas siswa yang diamati dari
pekerjaannya menunjukkan peningkatan sebesar 4,05% yaitu 86,60%. Ketuntasan
belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada siklus pertama dengan persentase
sebesar 83,33%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berpikir
induktif dengan peta keterkaitan konsep (PKK) dapat meningkatkan hasil belajar
siswa dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam penentuan model
pembelajaran.
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. | en_US |