ANALISIS EKUITAS MEREK PRODUK ASURANSI PENDIDIKAN TERHADAP NASABAH ASURANSI PENDIDIKAN DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan program asuransi
pendidikan berdasarkan ekuitas mereknya pada nasabah asuransi pendidikan yang
terdapat di kabupaten Jember melalui elemen-elemen utama eukitas merek. Ekuitas
merek adalah seperangkat aset dan liabilitas merek yang berkaitan dengan suatu
merek, nama dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan
oleh sebuah barang atau jasa kepada perusahaan atau para pelanggan perusahaan.
Ekuitas merek mempunyai empat elemen utama yaitu kesadaran merek, asosiasi
merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Penelitian dilakukan dengan mengambil
sampel nasabah asuransi pendidikan sebanyak 100 responden dengan perhitungan 20
nasabah dari lima perusahaan asuransi yang memiliki program asuransi pendidikan.
Kelima perusahaan tersebut yaitu Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912, PT.
Asuransi Jiwasraya Persero, Asuransi Jiwa Bringin Life, PT. Asuransi Allianz Life
Indonesia, dan PT. Asuransi Jiwa Central Asia Raya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif yaitu untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi,
berbagai situasi atau berbagai variabel yang timbul di masyarakat yang menjadi
obyek penelitian itu berdasarkan apa yang terjadi. Teknik pengukuran analisis ini
menggunakan skala likert dengan skala pengukuran menggunakan skala ordinal.
Penarikan kesimpulan ini menggunakan metode deduktif yaitu penarikan kesimpulan
dari hal-hal yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus yaitu kenyataan yang
riil yang terjadi di tempat penelitian sesuai dengan tujuan penelitian.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah, yang pertama, dari elemen kesadaran
merek bahwa program asuransi pendidikan Bumiputera mencapai puncak kesadaran pikiran (top of mind) di kalangan nasabah asuransi pendidikan di Kabupaten Jember.
Kesadaran merek program asuransi pendidikan Bumiputera telah menduduki
peringkat pertama di benak nasabahnya. Elemen asosiasi merek, pada umumnya
nasabah asuransi pendidikan mampu mengasosiasikan program asuransi pendidikan
yang diikutinya, terutama program asuransi pendidikan Bumiputera merupakan
merek yang memiliki asosiasi tertinggi. Elemen persepsi kualitas yang diberikan oleh
nasabah asuransi pendidikan terhadap program asuransi pendidikan yang digunakan
dinilai konsumen cukup baik, terutama program asuransi pendidikan Jiwasraya
memiliki persepsi kualitas terbaik. Elemen terakhir yaitu loyalitas merek, hampir
semua konsumen loyal. Loyalitas merek tertinggi diraih oleh program asuransi
pendidikan Allianz. Kesimpulan secara umum dari penelitian ini adalah program
asuransi pendidikan Bumiputera mengungguli empat program asuransi pendidikan
lainnya berdasarkan ekuitas mereknya. Program asuransi pendidikan Bumiputera
unggul pada elemen kesadaran merek dan asosiasi mereknya. Merek dianggap
berhasil dalam membangun ekuitas merek yang kuat apabila baik dalam produk,
servis dan konsumen.