dc.contributor.author | DIAN RATNA PUSPITASARI | |
dc.date.accessioned | 2014-01-26T16:44:33Z | |
dc.date.available | 2014-01-26T16:44:33Z | |
dc.date.issued | 2014-01-26 | |
dc.identifier.nim | NIM050810101344 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24364 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa seberapa besar welfare loss yang
ditanggung konsumen akibat kenaikan tarif dasar air bersih di Indonesia.
Permasalahan utama terletak pada kenaikan tarif dasar air bersih yang tidak
diimbangi oleh peningkatan pelayanan penyediaan air bersih oleh Perusahaan Air
Minum (PAM) Jaya, sehingga tingkat kepuasan konsumen semakin berkurang.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi maka dicari besarnya welfare loss
konsumen dengan menggunakan metode welfare cost dengan pendekatan
compensating variation. Kemudian nilai compensating variation tersebut
diintegrasikan ke dalam fungsi Cobb-Douglass dan didapatkan nilai welfare loss
konsumen.
Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa besarnya welfare loss
konsumen semakin meningkat seiring dengan kenaikan tarif dasar air bersih. Hal
tersebut menandakan bahwa kerugian yang ditanggung oleh konsumen semakin tidak
seimbang dengan kepuasan yang didapat dari pelayanan PAM Jaya sebagai penyedia
air bersih. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 050810101344; | |
dc.subject | Kenaikan Tarif Dasar Air Bersih, Compensating Variation, Welfare Loss | en_US |
dc.title | ANALISIS REALISASI KREDIT USAHA RAKYAT TANPA AGUNAN BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA Tbk. CABANG JEMBER PERIODE 2008.4 – 2008.10 | en_US |
dc.type | Other | en_US |