dc.description.abstract | Penguasaan matematika yang kuat diperlukan sejak dini untuk menguasai
dan mencipta teknologi di masa depan. Umumnya siswa belum mengerti cara
mengaplikasikan suatu konsep matematika ke dalam masalah atau topik lain. Oleh
karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran yang dapat
mengakomodasi kebutuhan belajar siswa SMK dalam menggunakan matematika
untuk memecahkan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses
pengembangan dan menghasilkan perangkat pembelajaran operasi matriks
berorientasi pendekatan pemecahan masalah di SMK Program Keahlian Tata
Niaga Kelas XII. Hasil penelitian diharapkan dapat dimanfaatkan bagi peneliti
sebagai sarana belajar untuk memperoleh pengalaman dan mendapatkan
pengetahuan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, serta bagi guru
sebagai referensi tambahan dalam mengelola pembelajaran maupun melakukan
penelitian yang sejenis bagi peneliti lain.
Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Model Plomp yang terbagi dalam lima fase, yaitu : (1) fase investigasi
awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi/konstruksi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi,
dan (5) fase implementasi. Namun pada penelitian ini, fase implementasi tidak
dilaksanakan karena penelitian ini terbatas sampai menghasilkan perangkat
pembelajaran, tidak sampai mengimplementasikan perangkat pembelajaran. Data
yang dikumpulkan dan dianalisis dalam penelitian ini antara lain data yang
diperoleh dari hasil validasi para ahli dan praktisi, aktifitas siswa dan guru dalam
uji coba perangkat pembelajaran, respon siswa terhadap pembelajaran dan
perangkat pembelajaran (buku siswa dan LKS), serta hasil belajar siswa.
vii
Hasil validasi oleh para ahli berupa koreksi, kritik, dan saran yang
digunakan sebagai dasar untuk melakukan revisi dan penyempurnaan terhadap
perangkat pembelajaran. Uji coba dilaksanakan di kelas XII Tata Niaga SMKN 4
Jember dalam dua kali pertemuan, sesuai dengan RPP, serta satu kali pertemuan
untuk tes hasil belajar. Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan disajikan sebagai berikut:
Tabel 1 Pemenuhan kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
Kriteria
Keterangan Kualifikasi
Kevalidan Koefisien validitas RPP, buku guru, buku
siswa, LKS, dan tes hasil belajar adalah
0,87; 0,91; 0,93; 0,85; dan 0,84.
Kepraktisan Persentase aktifitas guru sebesar 100%
dan persentase aktifitas siswa sebesar
93,44%
Keefektifan Sebanyak 83% siswa telah tuntas hasil
belajarnya dan sebanyak 77,78% siswa
memberikan respon positif terhadap
perangkat pembelajaran
Sangat tinggi
Sangat tinggi
Tinggi
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat ditarik suatu
kesimpulan bahwa kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran berhasil
mengembangkan perangkat pembelajaran operasi matriks berorientasi pendekatan
pemecahan masalah di SMK Program Keahlian Tata Niaga Kelas XII. Perangkat
pembelajaran yang dihasilkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
buku guru, buku siswa, Lembar Kerja Siswa (LKS), dan tes hasil belajar yang
telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. | en_US |