PENGARUH IKLAN SIMPEDES DI TELEVISI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG TRENGGALEK
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Iklan Pesta Rakyat Simpedes di Televisi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Trenggalek. Objek yang diteliti adalah salah satu produk tabungan Bank Rakyat Indonesia yaitu Simpedes. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh perhatian nasabah terhadap iklan, pemahaman nasabah terhadap iklan, pemahaman kognitif, pemahaman afektif dan sikap nasabah terhadap iklan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Data primer diambil dari respon/jawaban atas kuesioner yang diisi oleh nasabah tabungan Simpedes Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Trenggalek. Sedangkan data sekunder bersumber dari hasil penelitian individual observator lain.
Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur (Path Analysis) dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 5%. Hasil analisis menunjukkan perhatian nasabah terhadap iklan, pemahaman nasabah terhadap iklan, respon kognitif, respon afektif, dan sikap nasabah terhadap iklan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah.