• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN MAHASISWA DALAM MEMILIH JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    makruf.pdf (375.7Kb)
    Date
    2014-01-25
    Author
    MAKRUF
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan/mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah meliputi para mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember angkatan 2005/2006, 2006/2007, 2007/2008, 2008/2009, 2009/2010 yang sampai dengan tahun akademik 20097/2010 masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di jurusan tersebut. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 mahasiswa. Penentuan jumlah sampel tersebut adalah berdasarkan jumlah indikator yang dianalisis dikalikan lima. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Faktor. Alat analisis tersebut digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. indikator-indikator yang diringkas tersebut tentunya adalah indikator yang saling berkorelasi. Penelitian ini melibatkan 13 indikator yang dianalisis. Melalui analisis faktor ditemukan empat faktor baru yang mewakili 13 indikator tersebut. Penentuan jumlah faktor berdasarkan nilai eigenvalue. Faktor yang nilai eigenvalue-nya satu atau lebih besar dianggap valid. Sedangkan faktor yang nilai eigenvalue-nya kurang dari satu dianggap tidak valid. Faktor-faktor yang ditemukan tersebut adalah faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Faktor-faktor tersebut adalah meliputi Faktor Performance Alumni, Fasilitas Laboratorium, Publikasi, dan Beasiswa. Hasil penelitian ini memberikan sumbangan prosentase kumulatif varian sebesar 61,942 %. Artinya bahwa faktor-faktor yang terbentuk tersebut dapat menjelaskan indikator-indikator yang menjadi pertimbangan konsumen dalam mengambil keputusan untuk belajar di Jurusan Manajemen pada Perguruan Tinggi tersebut. Sedangkan sisanya 38,058 % dijelaskan oleh variabel lain. Hasil penelitian ini bisa memberikan masukan/saran kepada pihak pengelola Jurusan Manajemen pada Perguruan Tinggi tersebut, bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas jurusan Manajemen maka faktor-faktor yang ditemukan tersebut sebaiknya dapat dioptimalkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/24238
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12415]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository