PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA JUPITER Z DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “ Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap
Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z di Kota Jember “, ini
bertujuan Untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari
kualitas produk, desain, suku cadang, lokasi, harga jual, penayangan iklan di TV
dan brosur baik secara simultan terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Dan untuk
mengetahui variabel bauran pemasaran yang mempunyai pengaruh paling kuat
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember.
Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. pengumpulan data
dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 80 responden pemilik sepeda motor
Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Variabel-variebel yang diteliti meliputi kualitas
produk, desain, suku cadang, lokasi, harga jual, penayangan iklan di televisi, dan
brosur. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa variabel kualitas
produk, desain, suku cadang, lokasi, dan penayangan iklan di televisi berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota
Jember, sedangkan variabel harga jual dan brosur tidak berpengaruh terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha Jupiter Z di kota Jember. Variabel
yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian adalah
variabel desain.