ANALISIS MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN MELALUI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN PIZZA HUT CABANG DARMO SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegunaan Manajemen
Hubungan Pelanggan, tingkat kepentingan kualitas layanan terhadap kepuasan
pelanggan yang menggunakan layanan restoran Pizza Hut Cabang Darmo
Surabaya, menganalisis hubungan masing-masing atribut layanan berdasarkan
model struktural, sehingga kepuasan pelanggan tercapai.
Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan mengunakan
metode survey. Alat analisis yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan
pelanggan adalah melalui Structural Equation Model. Variabel yang digunakan
adalah dimensi Manajemen Hubungan Pelanggan yaitu manusia, proses/prosedur
dan teknologi. Untuk variabel kualitas layanan yaitu bukti fisik, daya tanggap,
jaminan, kehandalan, dan empati. Dan kepuasan pelanggan yaitu harga,
convinience of acquisition dan pengalaman karyawan.
Hasil analisis penelititan melalui Structural Equation Model dengan dibantu
menggunakan software Amos 6 menunjukkan bahwa Manajemen Hubungan
Pelanggan berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan dengan
nilai sebesar 32,6%.
Manajemen Hubungan Pelanggan terhadap kualitas layanan sebesar 85,7%,
kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 48,4% dan Manajemen
Hubungan Pelanggan terhadap kepuasan pelanggan melalui kualiats layanan
sebesar 62,6%