ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK FACIAL FOAM DI KOTA JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Segmentasi Pasar Facial Foam di Kota
Jember”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui segmen pasar facial foam
berdasarkan atribut produk dan untuk mengetahui merek produk facial foam yang ada
pada masing-masing segmen. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Data primer berupa jawaban kuisioner responden dari pertanyaan-pertanyaan yang
telah dibuat oleh peneliti. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen, catatan
serta berbagai laporan berkaitan dengan masalah yang diteliti. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen produk facial foam di Kota Jember yang
menggunakan salah satu produk dari Ponds, Biore, Clean and Clear, Nivea, dan Olay.
Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Stratified Purpossive
Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Metode analisis data
yang digunakan adalah Analisis Cluster dengan dua metode ; K-Means Cluster dan
Hierarki Cluster.
Berdasarkan hasil analisis Cluster dengan metode K-Means Cluster, diperoleh
hasil bahwa segmen pasar produk facial foam di Kota Jember yang terbentuk adalah
dua klaster yaitu: Klaster 1 adalah responden yang mementingkan atribut: harga,
kualitas dan keandalan, dan ketersediaan konter sehingga diberi nama ”kluster
manfaat” dengan jumlah responden sebanyak 45 orang