PELAKSANAAN ADMINISTRASI PELAYANAN PENYAMBUNGAN TENAGA LISTRIK BARU PADA PT. PLN (PERSERO) DITRIBUSI JAWA TIMUR CABANG JEMBER
Abstract
Dari hasil Praktek Kerja Nyata (PKN) yang dilaksanakan pada PT. PLN
(Persero) Ditribusi Jawa Timur Cabang Jember selama kurang lebih 1 (satu)
bulan, khususnya mengenai Administrasi Penyambungan Baru, maka dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut :
a. Administrasi Pelayanan Penyambungan Baru dilakukan dengan beberapa tahap
sebagai berikut :
1) Menerima permohonan penyambungan baru.
Permohonan penyambungan baru dapat diajukan melalui loket pelayanan
atau melalui surat / facx, telepon atau dapat juga diajukan melalui petugas
pemasaran keliling. Kemudian permohonan tersebut akan dikirim ke Seksi
Perencanaan / Teknis / konstruksi untuk dilakukan survey.
2) Penerbitan dan pengiriman surat jawaban persetujuan.
Bila secara teknis (Berdasarkan data teknis) dinyatakan layak dan data-data
disampaikan benar, maka pihak PLN akan menerbitkan jawaban
persetujuan.jawaban persetujuan merupakan surat jawaban penyambungan
baru yang disetujui (SJPS). SJPS ini diberitahukan besarnya daya dan tarif,
biaya yang harus dibayar.
3) Penerbitan dan pengiriman surat jawaban penangguhan.
Bila secara teknis (Berdasarkan data teknis) dinyatakan tidak layak dan
data-data yang disampaikan tidak benar, maka pihak PLN akan menerbitkan
surat penangguhan.jawaban penangagguhan merupakan surat
penyambungan baru yang tidak disetujui / ditangguhkan (SJPT). SJPT
disiapkan oleh UPP dan berisi antara lain : tidak disetujui / ditangguhkan,
dan ketentuan lain tentang lebih lanjut.
4) Perhitungan biaya pasang baru.
Setelah jawaban persetujuan diterbitkan dan dikirimkan kepada calon
pelanggan maka pada calon pelanggan tersebut akan dikenakan pasang baru.
Besar biaya pasang baru yang harus dibayarkan untuk daya tersebut disesuaikan dengan tarif dalam TDL yang berlaku untuk biaya
penyambungan maupun uang jaminan pelanggan.
5) Penerbitan dan pengisian perintah kerja
Bila pelanggan telah menerima kuitansi dari pembayaran biaya pasang baru
maka diterbitkan surat perintah kerja yang ditunjukkan kepada Sub Bagian
Transmisi / Ditribusi / Petugas Lapangan yang ditunjukkan untuk
mengadakan pemasangan sambungan baru dan penyambungan tenaga
listrik.
6) Penerbitan dan Pengisian berita acara.
Setelah dilaksakan pemasangan sambungan baru dan penyambungan tenaga
listrikmaka akan ditentukan berita acara. Berita acara ini selanjutnya akan
diserahkan bagian teknis dan membuat perubahan data langganan (TDL)
yang kemudian dibuat rekening listriknya.
b. Kegiatan efektif lain yang dilakukan oleh peserta Praktek Kerja Nyata (PKN)
adalah membantu kagiatan kantor yang ada terutama kegiatan pada pelayanan
penyambungan baru yang meliputi :
1) Membantu mengisi formulir permohonan penyambungan baru tenaga listrik.
2) Membantu mengisi formulir jawaban permohonan persetujuan.
3) Membantu mengisi jawaban penangguhan.
4) Membantu menghitung biaya pasang baru.
5) Membantu mengisi surat perintah kerja penyambungan baru tenaga listrik.
6) Membantu mengisi berita acara penyambungan baru tenaga listrik.
Collections
- DP-Company Management [469]