ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK DISONANSI KOGNITIF KONSUMEN HANDPHONE QWERTY NEXIAN DI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pembentuk
disonansi kognitif konsumen handphone Qwerty Nexian di Jember. Untuk
mengetahui adanya faktor-faktor pembentuk disonansi kognitif konsumen
handphone Qwerty Nexian di Jember adalah dengan menggunakan analisis faktor.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen handphone Qwerty
Nexian di Jember dengan pembelian handphone baru (tidak bekas). Penelitian ini
dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 110 responden dengan metode
purposive sampling dengan kriteria responden berusia 17 tahun dan responden
adalah konsumen handphone Qwerty Nexian yang mengetahui seluk-beluk
handphone atau konsumen yang minimal menggunakan handphone Qwerty
Nexian selama 1 bulan.
Data yang diperoleh diuji menggunakan Analisis Faktor. Analisis faktor
pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas
sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai faktor. Dalam
penelitian ini Analisis Faktor digunakan untuk mengetahui faktor-faktor
pembentuk disonansi kognitif konsumen handphone Qwerty Nexian di Jember.
Penelitian ini menggunakan 22 indikator meliputi aspek emosional,
kebijaksanaan pembelian dan perhatian setelah transaksi yang menghasilkan enam
faktor baru yaitu faktor ketidaksesuaian tindakan (F1), faktor ketidaksesuaian
keputusan terhadap kenyataan (F2), faktor ketidaksesuaian keinginan dan harapan
(F3), faktor ketidaksesuaian harapan akan pelayanan (F4), faktor kebimbangan
akan pendapat masyarakat (F5) dan faktor ketidaksesuaian kebutuhan (F6)
Penelitian ini menyumbangkan saran bagi perusahaan agar tidak saja
mengunggulkan harga produk untuk menarik minat konumen tetapi lebih
memperhatikan kualitas produk, mengevaluasi kinerja bagian penjualan untuk
lebih mengetahui seluk beluk handphone Qwerty Nexian baik mengenai
keunggulan dan mutunya, mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh calon
konsumennya, menetapkan strategi pemberian pelayanan yang profesional,
terutama dalam pelayanan purna beli, menetapkan strategi untuk membidik
konsumen dengan cara menciptakan nilai lebih untuk meningkatkan kepuasan
konsumen dengan melalui peningkatan kualitas kinerja layanan dan kualitas
produk, tidak berbohong kepada konsumen atas keadaan produk sehingga pada
akhirnya konsumen akan percaya pada perusahaan. Sebagai implikasinya,
perusahaan seharusnya lebih mendengarkan suara konsumen sehingga dalam
menentukan strategi pemasaran yang akan datang dan menetapkan strategi lebih
memberikan keunggulan produk pada konsumen handphone Qwerty Nexian