STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK DAN ATRAKSI WISATA DI TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBER
Abstract
Tujuan utama praktek kerja nyata ini adalah untuk mengetahui strategi
pengembangan yang ada di Taman Botani Sukorambi Jember. Kendala yang
dihadapi oleh perencana selama proses pengembangan adalah minimnya fasilitas
yang tersedia di Taman Botani Sukorambi Jember. Seorang marketer wajib
memahami paket yang ditawarkan agar bisa memberi informasi yang jelas
terhadap konsumen.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT agar bisa mengetahui
Kekuatan (Strength), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunity), dan
Ancaman (Threat) untuk menghadapi persaingan antara tempat wisata lain yang
khususnya ada di Kabupaten Jember. Analisis SWOT akan membantu untuk
melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat. Metode analisis SWOT bisa
dianggap sebagai metode analisa yang paling dasar dan berguna untuk melihat
suatu topik atau permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil dari Laporan
Praktek Kerja Nyatadapat dijelaskan bahwa Taman Botani Sukorambi Jember
adalah salah satu objek wisata yang berwawasan lingkugan. Memiliki dua daya
tarik yang tidak dimiliki oleh objek wisata yang lain di Jember, yaitu taman
bunga, buah-buahan serta outbound. Perencanaan dan Pengembangan yang harus
dilakukan oleh pengelola Taman Botani sukorambi adalah melengkapi fasilitasfasilitas
yang kurang serta mengembangkan potensi wisata yang ada di Taman
Botani Sukorambi Jember sehingga bisa menjadi obyek wisata berbasis wisata
lingkungan yang unggul di Kota Jember.